Telkomsel "Upgrade" Layanan 3G ke 4G di 143 Kabupaten

Kompas.com - 21/07/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Sesuai jadwal, operator seluler Telkomsel resmi mematikan jaringan 3G di 143 kota di Indonesia pada Rabu (20/7/2022), dan menguprade-nya ke jaringan 4G.

Hingga kini, upgrade sinyal 3G ke 4G Telkomsel telah meliputi 52 kota di Sumatera, 49 kota di Jawa, 7 kota di Kalimantan, 16 kota di Sulawesi, 9 kota di Bali-Nusa Tenggara, dan 10 kota yang tersebar di Maluku-Papua.

Sejauh ini, proses peningkatan (upgrade) layanan jaringan 3G ke 4G/LTE yang dilakukan Telkomsel telah memasuki tahap ketiga.

Sebelumnya, Telkomsel telah menyelesaikan tahap pertama pengalihan jaringan 3G ke 4G/LTE pada Maret hingga Mei 2022 di 86 kota di Indonesia. Operator pelat merah ini lalu merampungkan tahap kedua pada Juni 2022 di 91 kota/kabupaten.

Baca juga: Tidak Perlu ke GraPARI, Ini Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel Secara Online

Masih ada satu langkah terakhir bagi Telkomsel untuk mematikan jaringan 3G di Indonesia, yang telah dimulai sejak 8 Februari 2022 lalu dan ditargetkan selesai pada 31 Desember 2022 mendatang.

Daftar wilayah yang sinyal 3G Telkomsel-nya dimatikan pada 20 Juli dapat dilihat melui tautan berikut ini.

Upaya peningkatan layanan jaringan 3G ke 4G/LTE yang dilakukan Telkomsel sejalan dengan arahan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Ilustrasi migrasi jaringan 3G ke 4G LTE TelkomselTelkomsel Ilustrasi migrasi jaringan 3G ke 4G LTE Telkomsel

Sebelumnya, Kominfo telah mengkaji bahwa jaringan 3G memiliki sejumlah kendala seperti kecepatan yang kurang maksimal, sinyal yang tidak stabil, dan kapasitas layanan yang kurang memadai.

Oleh sebab itu, Kominfo berupaya untuk memutus layanan 3G di Indonesia dan segera mengalihkannya menggunakan layanan 4G LTE yang lebih baru.

Peningkatan jumlah migrasi ke 4G

Selama proses migrasi 3G ke 4G berlangsung, Telkomsel mencatat adanya peningkatan jumlah pelanggan yang melakukan migrasi ke uSIM 4G sebanyak 500.000 pelanggan per bulan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.