Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo A57 Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Kompas.com - 21/07/2022, 12:25 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Oppo resmi meluncurkan smartphone kelas menengah (mid-range) terbarunya yang diberi nama Oppo A57 di Indonesia.

Ponsel tersebut merupakan suksesor dari Oppo A55 yang diperkenalkan lebih dulu pada Maret lalu. Sebagai penerus, Oppo A57 tentunya dibekali dengan berbagai peningkatan.

Pada aspek desain, misalnya, ponsel ini menjadi perangkat seri Oppo A5 pertama yang menggunakan teknologi lapisan cangkang alias finishing terbaru khas Oppo, yakni Oppo Glow Design.

Baca juga: Oppo A57 Bisa Dibeli di Indonesia, Ini Deretan Fitur Serba Pertamanya

Dengan desain tersebut, punggung Oppo A57, yang hadir dalam varian warna Glowing Black dan Glowing Green, diklaim bakal menjadi lebih kesat dan tak mudah ternoda sidik jari.

"Oppo Glow Design pertama kali hadir di Reno Series, A9 Series, dan kini hadir untuk pertama kalinya di A5 Series demi membawa fitur-firur di seri atas (Reno Series) ke seri bawah (A Series)," ujar PR Manager OPPO Indonesia untuk Reno, A Series dan IoT, Aryo Meidianto dalam acara peluncuran Oppo A57 yang digelar di bilangan Jakarta Utara, Kamis (21/7/2022).

Masih di aspek desain, Oppo A57 juga menjadi seri Oppo A5 pertama yang menggunakan desain bingkai (frame) datar (flat) bak Reno7 4G.

PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto saat peluncuran Oppo A57 di Indonesia, kamis (21/7/2022).Kompas.com/Bill Clinten PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto saat peluncuran Oppo A57 di Indonesia, kamis (21/7/2022).

Tak hanya berfungsi untuk mempercantik bingkai ponsel dan membuatnya lebih mudah digenggam, Aryo mengeklaim desain bingkai flat ini bertujuan untuk membuat antena atau penerima sinyal di ponsel berjalan dengan lebih baik.

"Melalui bingkai datar pada Oppo A57, kami berupaya memanfaatkannya untuk dapat memberikan tangkapan sinyal yang lebih baik lagi jika dibandingkan dengan desain tepian lengkung 2.5 D," imbuh Aryo.

Baca juga: Oppo A57 Sengaja Turun Pakai Kamera 13 MP demi Fast Charging 33W

Spesifikasi Oppo A57

Untuk dimensinya, Oppo A57 memiliki bobot 187 gram dengan ketebalan 8 mm. Pada aspek layar, Oppo A57 mengusung panel IPS LCD berukuran 6,56 inci dengan resolusi HD Plus. Pada bagian atasnya, terdapat modul bergaya ala tetesan air (waterdrop) yang memuat kamera selfie 8MP (f/2.0).

Beralih ke bagian belakang, di sisi ini terdapat dua buah kamera dan satu LED flash yang dimuat dalam sebuah modul persegi. Kedua kamera tersebut masing-masing beresolusi 13 MP (f/2.2) dan 2 MP (f/2.4, mono).

Baca juga: Oppo Jadi Sponsor UEFA Champions League hingga 2024

Secara hardware, ponsel ini ditenagai dengan chipset Mediatek Helio G35 yang dipadukan dengan RAM 4 GB (LPDDR4X) dan media penyimpanan (storage) 64 GB (eMMC 5.1). Kapasitas storage ini bisa diperluas dengan kartu microSD hingga 1 TB.

Sedangkan pada aspek software, ponsel ini menjalankan sistem operasi (OS) Android 12 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) ColorOS 12.1.

Untuk segi daya, Oppo A57 ditopang dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang mendukung teknologi pengisian cepat SuperVOOC 33W (33 watt).

"SuperVOOC 33W merupakan fitur pertama di A5 Series. Dengan kecepatan pengisian ini, perangkat Oppo A57 bisa diisi dayanya 0-100 persen dalam waktu 72 menit," klaim Aryo.

Baca juga: Oppo Reno 8 dan Reno 8 Pro Meluncur Global, Ini Harganya

Fitur pendukung lainnya mencakup audio jack 3.5, Bluetooth 5.3, konektor USB tipe-C, speaker stereo, pemindai sidik jari (fingerprint) yang sudah dibenamkan di tombol power, RAM Expansion hingga 4 GB, dan masih banyak lagi.

Harga Oppo A57 di Indonesia

Harga Oppo A57 di Indonesia adalah Rp 2,4 juta. Untuk saat ini, Oppo A57 di Indonesia baru tersedia dalam satu varian memori saja.

Ponsel ini sudah bisa didapatkan mulai hari ini, Kamis (21/7/2022) di Oppo Brand Store Virtual di platform TikTok Live Shopping, serta sejumlah mitra e-commerce Oppo di Indonesia atau melalui situs penjualan resmi Oppo Store.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Oppo A57 di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com