Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kirim Pesan Kosong di WhatsApp dengan Mudah buat Iseng ke Teman

Kompas.com - Diperbarui 23/07/2023, 09:43 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Berbuat iseng ke teman kadang kala bisa jadi sebuah hiburan tersendiri. Salah satu cara yang bisa dicoba mungkin dengan mengirim pesan kosong di WhatsApp.

Untuk diketahui, WhatsApp sejatinya tidak memiliki fitur bawaan yang memungkinkan Anda mengirim pesan kosong. Di kolom pengetikan chat WhatsApp, Anda setidaknya harus memasukkan minimal satu karakter agar tombol pengiriman bisa diketuk.

Baca juga: Apakah WhatsApp Web Bisa Dibuka lewat HP?

Karakter tersebut tidak termasuk dengan spasi. Bila tidak memasukkan karakter atau hanya memasukkan spasi di kolom pengetikan chat WhatsApp maka tombol pengiriman tidak bakal bisa diketuk.

Penjelasan di atas adalah kondisi ideal dalam mengirim pesan di WhatsApp. Lantas, bagaimana cara mengirim pesan kosong di WhatsApp buat iseng ke teman?

Kendati secara default tidak bisa mengirim pesan kosong di WhatsApp, namun Anda dapat mengakalinya dengan menyalin karakter tidak terlihat (invisible) terlebih dahulu.

Setelah disalin, karakter invisible bisa ditempel pada kolom pengetikan chat WhatsApp. Alhasil, karakter tersebut bisa dikirim dan terlihat seperti pesan kosong. Untuk mendapatkan karakter invisible, terdapat beberapa situs web yang bisa dimanfaatkan.

Salah satunya seperti situs web Font Dardura. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara mengirim pesan kosong di WhatsApp, yang bisa dipakai buat iseng ke teman.

Cara mengirim pesan kosong di WhatsApp

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyalin karakter invisible terlebih dahulu melalui situs web Font Dardura. Caranya, silakan kunjungi tautan ini lewat browser di ponsel.
  • Setelah situs web Font Dardura terbuka, klik opsi “Copy”.
  • Bila karakter invisible telah tersalin, silakan tempel pada kolom pengetikan chat WhatsApp.
  • Terakhir, kirim pesan kosong WhatsApp ke teman Anda.

Ilustrasi cara mengirim pesan kosong di WhatsApp.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara mengirim pesan kosong di WhatsApp.

Cukup mudah bukan cara bikin pesan kosong di WhatsApp? Dengan cara ini, mungkin teman Anda bakal kaget lantaran melihat pesan yang diterimanya tidak berisi tulisan apapun alias kosong.

Baca juga: Cara Bikin “Baca Selengkapnya” di WhatsApp buat Prank Teman Tanpa Aplikasi Tambahan

Namun, penting untuk diingat pula, cara di atas hendaknya tidak dilakukan dengan tujuan spam (mengirim pesan bertubi-tubi) yang bisa merugikan orang lain. Demikianlah informasi seputar cara bikin pesan kosong di WhatsApp, selamat mencoba.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com