Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo A57 Sengaja "Turun" Pakai Kamera 13 MP demi Fast Charging 33W

Kompas.com - 21/07/2022, 18:30 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Oppo A57 merupakan suksesor Oppo A55 yang sudah diluncurkan lebih dulu pada Maret lalu. Meski demikian, kamera Oppo A57 memiliki perbedaan dibanding Oppo A55.

Dari segi resolusi sensor, kamera utama di Oppo A57 memiliki resolusi 13 MP, sedangkan kamera utama Oppo A55 resolusinya lebih besar dengan 50 MP.

PR Manager OPPO Indonesia untuk Reno, A Series dan IoT, Aryo Meidianto mengatakan spesifikasi kamera Oppo A57 "sengaja" diturunkan untuk menghadirkan fitur-fitur yang diinginkan konsumen, salah satunya adalah fitur pengisian cepat.

Baca juga: Oppo A57 Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Alih-alih pengisian cepat dengan daya 18 watt seperti di Oppo A55, Oppo A57 kini mendukung teknologi pengisian cepat 33W SuperVOOC alias 33 watt, nyaris dua kali lipat lebih "ngebut" dibanding pendahulunya. 

"Berdasarkan survei perangkat Oppo A55, pengguna ternyata lebih menyoroti fitur baterai, di mana mereka ingin ponsel mereka bisa diisi dayanya dengan cepat," ujar Aryo di sela peluncuran Oppo A57 yang digelar di bilangan Pluit, Jakarta Utara, Kamis (21/7/2022). 

"Dengan Oppo A57, baterai 5.000 mAh bisa terisi penuh (0-100 persen) dalam waktu 72 menit, lebih cepat dibanding Oppo A55 dengan waktu sekitar 2 jam untuk melakukan pengisian penuh dengan kapasitas baterai yang sama," imbuh Aryo.

Konsumen ingin fitur multimedia mumpuni

Oppo A57.KOMPAS.com/Bill Clinten. Oppo A57.

Selain pengisian baterai Oppo A57 lebih cepat, ponsel tersebut juga lebih mumpuni dari Oppo A55 di aspek multimedia. 

Bisa dibilang demikian lantaran Oppo A57 kini dibekali dengan dukungan dual speaker (stereo) yang diklaim mampu menghadirkan output suara yang diklaim lebih "menggelegar".

Fitur dual speaker ini ditemani dengan teknologi Dirac 3.0 untuk mengoptimalkan kualitas suara yang dikeluarkan ponsel.

Baca juga: Oppo Reno 8 dan Reno 8 Pro Meluncur Global, Ini Harganya

"Konsumen yang kami survei sebenarnya ingin ponsel yang memiliki kemampuan kamera baik, tetapi mereka tidak ingin berlebihan karena ingin fitur baterai dan multimedia tetap bagus. Intinya pertimbangan spesifikasi Oppo A57 ini berasal dari hasil survei Oppo A55," jelas Aryo.

Seperti diwartakan sebelumnya, Oppo A57 dibekali dengan berbagai fitur serba pertama yang hadir di Oppo A5 Series. Artinya, fitur-fitur ini sebelumnya memang tak ada di Oppo A55.

Beberapa fitur tersebut mencakup Oppo Glow Design untuk membuat cangkang ponsel lebih cantik dan terbebas dari noda sidik jari, RAM Expansion untuk meningkatkan performa ponsel, serta ROM Expansion untuk menambah kapasitas media penyimpanan (storage) menjadi 1 TB.

Di Tanah Air, Oppo A57 tersedia dalam varian Glowing Black dan Glowing Green, dan dibanderol dengan harga Rp 2,4 juta.

Ponsel tersebut bisa didapatkan di sejumlah mitra e-commerce Oppo di Tanah Air, Oppo Store, dan platform Oppo Brand Store Virtual (Live Shopping) di TikTok melalui akun @oppoindonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com