Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitch Uji Coba Fitur “Charity”, Bantu Streamer Kumpulkan Donasi

Kompas.com - 21/07/2022, 19:30 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Platform streaming Twitch memperkenalkan fitur baru bernama “Twitch Charity”. Sesuai namanya, fitur ini akan mempermudah streamer dan kreator konten untuk menggalang dana atau donasi

Dengan fitur ini para streamer dapat melakukan pengumpulan, pengecekan, hingga pengiriman uang donasi ke badan amal yang ingin didonasikan, dalam satu dashboard saja.

Sebagai gambaran, streamer akan dapat mengatur atau menentukan jumlah dana yang ingin didonasikan, lalu memulai pengaturan penggalangan dana di “Creator Dashboard”.

Streamer hanya perlu mencari atau memilih siapa badan amal yang ingin dituju. Ketika sudah menentukan badan amal tersebut, streamer dapat menyalakan mode “Charity”.

Baca juga: Mengenal Twitch dan Bedanya dengan YouTube

Setelah mode tersebut dinyalakan, streamer sudah dapat mengetuk tombol “Donate to Charity”. Tombol tersebut juga akan muncul di layar penonton, sehingga memungkinkan mereka untuk turut berkontribusi melakukan donasi/penggalangan dana.

Semua uang yang masuk juga bisa langsung dipantau dan dilacak oleh streamer melalui activity feeds. Sehingga streamer bisa tahu apakah uang yang terkumpul sudah mencapai target atau belum.

Apabila uang yang terkumpul sudah sesuai dengan target yang ditetapkan, uang tersebut akan diproses melalui kemitraan Paypal Giving Fund.

“Semua donasi komunitas diberikan kepada mitra kami (yaitu) Paypal Giving Fund, dan diberikan ke badan amal yang Anda (streamer) rekomendasikan sesuai kebijakan,” tulis pihak Twitch di blog resmi mereka, Rabu (19/7/2022).

Karena uang ini ditujukan untuk donasi ke badan amal, Twitch tidak akan memotong biaya pajak atau mengambil komisi apapun dari dana yang sudah terkumpul.

Paypal Giving Fund juga akan mengatur permasalahan logistik, seperti menyiapkan aliran dana dari donatur ke badan amal secara akurat.

Hal ini dilakukan agar dana yang didonasikan dapat terkumpul dan tersusun dengan rapi. Pada tahapan terakhir, streamer tinggal memutuskan kapan akan mengirim dana tersebut ke badan amal.

“Twitch tidak (akan) mengambilbagian dari sumbangan ini atau menerima insentif pajak apa pun,” tambah Twitch.

Dikarenakan masih dalam uji coba, fitur ini baru tersedia untuk sejumlah streamer terpilih saja.

Baca juga: Berapa Gaji Karyawan Netflix, TikTok, Twitch, dan Spotify?

Mempermudah penggalangan dana

Biasanya, streamer yang ingin melakukan penggalangan dana melalui live streaming harus melacak donasi dan mengelola beberapa program secara manual.

Hal ini dinilai merepotkan oleh Twitch. Beberapa dana yang dialokasikan pun tidak bisa dipantau atau dilacak secara menyeluruh. Oleh karena itu, Twitch berinisiatif untuk menghadirkan kebaruan fitur donasi.

Halaman:
Sumber TechCrunch
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com