Semua Video IG di Bawah 15 Menit Diubah Jadi Reels

Kompas.com - 22/07/2022, 14:03 WIB

KOMPAS.com - Setelah melalui uji coba selama beberapa bulan, Reels dipastikan bakal menjadi satu-satunya format video singkat di feed Instagram. Artinya Instagram akan melebur format video di feed dan Instagram TV (IGTV) menjadi Reels.

Hal ini diumumkan secara langsung oleh CEO Instagram, Adam Mosseri baru-baru ini.

"Jadi, hanya akan ada satu format video di Instagram dan itu akan adalah Reels," kata Mosseri dalam sebuah unggahan video di akun Instagram pribadinya dengan handle @mosseri.

Selama ini, Instagram memang memiliki sejumlah format video di platformnya, yaitu Instagram Stories, video feed, Instagram TV, dan Reels.

Video feed, IGTV, dan Reels menjadi tiga format video yang sama-sama ditampilkan di bagian feed atau linimasa Instagram dengan limit durasi yang berbeda. Video standar di feed memiliki durasi 3-60 detik, IGTV berdurasi 15 detik-60 menit, dan Reels berdurasi 15-90 detik.

Baca juga: Facebook dan Instagram Terdaftar PSE Kominfo, WhatsApp Belum Kelihatan

Mosseri mengatakan, Instagram ingin menyeragamkan ketiga format video yang muncul di feed itu menjadi Reels. Tujuannya agar Instagram menjadi lebih sederhana dan mudah digunakan pengguna.

Peleburan video feed dan IGTV menjadi Reels ini juga merupakan bagian dari upaya Instagram untuk menawarkan pengalaman konten dengan tampilan layar penuh yang lebih baik lagi.

Perusahaan juga menggabungkan tab video dan Reel di profil pengguna menjadi satu untuk membuat satu rumah untuk semua video di aplikasi.

Instagram juga menghilangkan tab "video" di profil pengguna, yang biasa menampilkan seluruh video feed yang telah diunggah. Nantinya, seluruh video akan ditampilkan di tab "Reels".

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, Jumat (22/7/2022), video feed maupun Instagram TV yang sudah diunggah sebelum kebijakan baru ini berlaku, tidak akan dikonversi menjadi format Reels.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.