Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampilan Beranda Facebook Dirombak, Jadi Lebih Mirip TikTok

Kompas.com - 22/07/2022, 18:02 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama ini, Facebook memiliki tab Home alias Beranda yang berisikan berbagai macam konten, mulai dari postingan teman, berita terbaru, postingan grup dan halaman yang disukai, iklan, rekomendasi teman, dan sebagainya. Kini, Facebook mulai menata menu berandanya.

Perusahaan besutan Meta ini menambahkan tab baru yakni "Feeds" untuk memisahkan unggahan yang selama ini tercampur di beranda. Nantinya, tab “Feeds” dan “Home" akan menampilkan jenis konten yang berbeda.

Baca juga: Tanda-tanda Facebook Alihkan Fokus, dari Konten Berita ke Kreator dan Metaverse

Tab “Feeds” akan menampilkan konten yang lebih dipersonalisasi dan spesifik, seperti unggahan dari teman atau postingan dari grup dan laman yang diikuti. Sedangkan, laman “Home” akan semakin serupa dengan TikTok. Sebab, sekarang Facebook menghadirkan fitur “Suggested for You” yang hampir mirip dengan fitur “For You” di TikTok.

Pembaruan beranda Facebook diumumkan langsung oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg melalui akun pribadinya di Facebook, Kamis (21/7/2022). Menurut Zuck -panggilan akrab Zuckerberg- fitur Feeds cukup banyak diminta pengguna Facebook selama ini.

“Salah satu fitur yang paling banyak diminta ke Facebook adalah memastikan pengguna tidak melewatkan unggahan dari temannya. Jadi, hari ini kami meluncurkan tab “Feeds”, (sebagai) tempat Anda melihat kiriman dari teman, grup, halaman, lainnya secara terpisah dalam urutan berdasarkan waktu” tulis Zuck.

Baca juga: Facebook Bakal Rombak Tampilan Demi Saingi TikTok

Penambahan ini rencananya akan diluncurkan secara merata untuk seluruh pengguna iOS ataupun Android.

Unggahan pengumuman itu juga menampilkan cuplikan video singkat, agar pengguna bisa lebih memahami bagaimana fitur ini nantinya akan bekerja.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tabs “Feeds” akan menampilkan konten dari orang-orang terdekat, yang sudah terkoneksi dengan pengguna. Sehingga konten yang disuguhkan lebih personal.

Hal ini dilakukan Meta agar pengguna bisa dengan mudah mengakses konten dari orang-orang ataupun komunitas yang memang sudah terhubung dengan pengguna. Sehingga, pengguna tidak akan ketinggalan informasi atau unggahan dari orang-orang terdekat.

Baca juga: Satu Akun Facebook Bakal Bisa Punya 5 Profil Berbeda

Sementara di tab “Home”, jenis konten yang ditampilkan jauh lebih beragam. Tab Home akan muncul saat pengguna pertama kali membuka aplikasi Facebook versi mobile.

Di tab Feeds, Facebook akan merekomendasikan beberapa konten dari akun atau halaman yang tidak diikuti pengguna. Konten yang disuguhkan nantinya akan berdasarkan algoritma pengguna. Misalnya, pengguna yang menggemari konten otomotif, akan direkomendasikan konten serupa.

Dengan begitu, Facebook berharap perubahan di tab “Home” dapat menjadi menu bagi pengguna untuk megeksplorasi konten-konten yang lebih segar dan baru.

Tampilan tab Home dan Feeds di Facebook (Sumber: The Verge)The Verge Tampilan tab Home dan Feeds di Facebook (Sumber: The Verge)

Personalisasi shortcut bar

Untuk pengguna Android, baris shortcut yakni tab Home, Watch, Feeds, Groups, dan Notifications yang biasanya muncul di sisi layar bagian bawah, akan pindah ke bagian atas. Seedangkan untuk pengguna iOS, bilah shortcut tersebut akan muncul di bagian bawah layar.

Tidak hanya berpindah posisi, tata letak shortcut juga bisa berubah berdasarkan personalisasi pengguna. Artinya, posisi tab di shortcut bar dapat berubah-ubah mengikuti tabs mana yang paling sering diakses oleh pengguna. Akan tetapi, pengguna bisa menyematkan tab agar posisinya tidak berubaha.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Free Fire lewat Akun Facebook

Untuk mempermudah gambaran, urutan tab di shortcut bar yang disediakan Facebook adalah Home, Watch, Feeds, Group, dan Notifications. Nah, pengguna bisa mengacak aturan posisi tersebut sesuai dengan keinginan pengguna atau membuatnya menjadi posisi permanen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com