Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tambah Kontak WhatsApp Tanpa Masukkan Nomor Telepon

Kompas.com - 23/07/2022, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp atau yang biasa disingkat WA, merupakan aplikasi pesan instan yang cukup populer dipakai pengguna saat ini. Selain gratis, WA juga bisa dikatakan mudah untuk dioperasikan oleh segala kalangan.

Untuk bisa memulai percakapan dengan kontak lain di WhatsApp, pengguna cukup memasukkan dan menyimpan nomor teleponnya terlebih dahulu. Bila nomor telepon itu terdaftar sebagai akun WhatsApp maka pengguna bisa segera berkirim pesan dengannya.

Baca juga: Cara Bikin “Baca Selengkapnya” di WhatsApp buat Prank Teman Tanpa Aplikasi Tambahan

Dalam hal menambah kontak di WhatsApp, cara yang paling umum adalah dengan memasukkan dan menyimpan nomor telepon. Apakah Anda juga melakukan cara tersebut dalam menambah kontak di WhatsApp?

Di samping denga memasukkan dan menyimpan nomor telepon, sebenarnya terdapat cara lain yang lebih mudah. Untuk menambah kontak di WhatsApp secara otomatis, Anda bisa menggunakan pemindaian kode QR dari akun WhatsApp milik pengguna lain.

Opsi pemindaian kode QR untuk menambah kontak WhatsApp itu bisa dijumpai pada menu pengaturan aplikasi. Sudah penasaran dengan bagaimana cara menambah kontak WA secara otomatis? Simak, penjelasan di bawah ini.

Cara menambah kontak WA tanpa menyimpan nomor telepon

  • Buka aplikasi WhatsApp dan pilih menu “Pengaturan” atau “Settings”
  • Berikutnya, pada bagian pengaturan foto dan nama profil akun WhatsApp, silakan klik ikon kode QR.
  • Setelah itu, bakal muncul kode QR dari akun WhatsApp milik Anda dan opsi “Pindai”.
  • Klik opsi “Pindai” dan kamera WhatsApp bakal terbuka.
  • Arahkan kamera tersebut untuk mulai melakukan pemindaian kode QR dari akun WhatsApp milik pengguna lain.
  • Setelah pemindaian berhasil dilakukan, silakan pilih opsi untuk tambahkan kontak.

Ilustrasi cara menambah kontak WhatsApp tanpa menyimpan nomor telepon QR.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menambah kontak WhatsApp tanpa menyimpan nomor telepon QR.

Dengan cara ini, Anda jadi tak perlu repot untuk memasukkan dan menyimpan nomor telepon terlebih dahulu untuk menambah kontak di WhatsApp. Cukup dengan memindai kode QR maka kontak bisa otomatis terdeteksi dan bisa ditambahkan.

Perlu diketahui, kode QR akun WhatsApp bisa dibagikan dengan cara klik opsi “Bagikan”. Saat dibagikan, kode QR tersebut bakal diterima dan disimpan dalam bentuk gambar di galeri ponsel.

Gambar kode QR akun WhatsApp dapat dipindai di opsi “Pindai”. Caranya, saat kamera pemindaian WhatsApp terbuka, pilih ikon galeri untuk mengakses gambar kode QR yang telah tersimpan.

Baca juga: Cara Sembunyikan Last Seen WhatsApp dari Beberapa Kontak Tertentu

Setelah gambar kode QR akun WhatsApp dipindai, kontak bakal bisa ditambahkan. Sebagai informasi tambahan, cara di atas dijajal pada iPhone dengan versi sistem operasi iOS 15.5. Beda wadah yang dipakai, mungkin bakal beda pula langkah dan letak opsinya.

Demikianlah informasi seputar cara menambah kontak WA tanpa menyimpan nomor telepon, selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com