Filter “You’re a 10 but” Tengah Viral di TikTok, Begini Cara Menggunakannya

Kompas.com - Diperbarui 25/07/2022, 09:06 WIB

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan di media sosial, ramai unggahan konten dengan kata “You’re a 10 but”, “She’s a 10 but”, atau “He’s a 10 but”. Konten tersebut bukanlah sebuah kata biasa, tapi terdapat semacam permainan di dalamnya.

Konten dengan kata “She’s a 10 but” atau “You’re a 10 but” mulai ramai di Twitter sekitar awal Juli ini. Sekarang, konten dengan kata tersebut tampak tengah merambah ke platform media sosial lain, salah satunya seperti TikTok.

Baca juga: Arti Kata “She’s a 10 but” yang Tengah Ramai di Twitter

Di TikTok, konten “You’re a 10 but” hadir dalam bentuk filter video. Berdasar pantauan KompasTekno, filter “You’re a 10 but” di TikTok untuk saat ini bahkan masuk dalam kategori “Viral”.

Dengan kata lain, cukup banyak pengguna yang tengah memakai filter “You’re a 10 but” di TikTok untuk membuat video. Salah satu contohnya seperti unggahan video TikTok dari akun dengan handle @florenciuuh, sebagaimana tertera di bawah ini.

@florenciuhhh

????????

? One thing and Bumalik kana sakin - ;p

Dari video itu, filter tampak memiliki beberapa daftar kata “You’re a 10 but” yang dilengkapi dengan kata atributnya. Saat digunakan dan wajah terdeteksi, filter bakal memilihkan kata “You’re a 10 but” sekaligus atributnya secara acak.

Bila ingin turut mencoba menggunakan filter “You’re a 10 but” di TikTok, berikut adalah penjelasan caranya.

Cara menggunakan filter “You’re a 10 but” di TikTok

  • Buka aplikasi TikTok dan klik ikon tambah untuk mulai membuat video.
  • Setelah kamera TikTok terbuka, klik opsi efek yang berada di sebelah tombol perekaman.
  • Berikutnya, klik ikon kaca pembesar dan cari filter dengan kata kunci “You’re a 10 but”.
  • Bila telah muncul, klik filter “You’re a 10 but” untuk digunakan.
  • Terakhir, arahkan kamera ke bagian wajah dan mulai merekam video dengan menggunakan filter “You’re a 10 but”. 

Ilustrasi cara menggunakan filter You're a 10 but di TikTok.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menggunakan filter You're a 10 but di TikTok.

Sebagaimana sempat disinggung di atas, konten dengan “You’re a 10 but” jadi menarik untuk dicoba lantaran terdapat semacam permainan di dalamnya. Secara bahasa, arti “You’re a 10 but” adalah “Kamu itu 10 (sepuluh) tapi”.

Namun, bila dilihat dari konteks kebiasaan penggunaan, kata “You’re a 10 but” sebenarnya punya arti untuk memberikan penilaian atas daya tarik yang dimiliki seseorang. Nilai diberikan dari skor terendah 0 hingga maksimal 10 (sempurna).

Merujuk konteks kebiasaan itu, “You’re a 10 but” dalam bahasa Indonesia bisa juga berarti “Kamu itu punya skor 10 (sempurna) tapi”. Setelah kata “tapi” atau “but”, terdapat kata atribut yang biasanya bersifat negatif.

Keberadaan kata atribut bersifat negatif itulah yang kemudian bisa jadi sumber keseruan dari permainan kata “You’re a 10 but”. Dengan kata atribut negatif, kesannya jadi seperti ejekan untuk tujuan bergurau atas kesempurnaan dari karakter yang dimiliki seseorang.

Baca juga: Apa Itu Akun dengan Profile Picture Hitam yang Sedang Ramai di TikTok?

Kesan ejekan itu bisa dilihat dari salah satu koleksi kata dalam filter “You’re a 10 but” di TikTok, misalnya seperti “You're a 10 but you cry over fictional couples”. Yang berarti, “kamu itu sempurna, tapi sayang kamu menangis karena kisah pasangan fiksi”.

Itulah penjelasan seputar cara menggunakan filter “You’re a 10 but” di TikTok yang tengah viral, berikut dengan artinya, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.