Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata “Kocak Gaming” yang Sering Digunakan di Twitter

Kompas.com - 24/07/2022, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat cukup banyak kata dalam bahasa gaul di Twitter yang sering dipakai oleh pengguna. Salah satunya seperti kata “Kocak Gaming”. Melihat susunan kata itu, “Kocak Gaming” bisa dipastikan bukanlah bahasa formal.

“Kocak Gaming” terdiri dari dua kata dari bahasa Indonesia (Kocak) dan bahasa Inggris (Gaming). Kata “Kocak” berarti lucu atau jenaka. Sedangkan kata “Gaming”, dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai bermain game atau permainan.

Baca juga: Arti Kata “She’s a 10 but” yang Tengah Ramai di Twitter

Bila dua arti kata itu dikombinasikan, misal jadi “permainan lucu”, tampaknya bakal memiliki makna yang kurang relevan dengan kebiasaan pengguna di Twitter. Sebagian dari Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan pemakaian kata Kocak Gaming di Twitter.

Kendati mungkin tak asing lagi, namun tahukah apa itu Kocak Gaming? Kata Kocak Gaming di Twitter kerap dipakai untuk mengomentari sebuah kejadian yang dianggap aneh.

Salah satu contoh penggunaan kata Kocak Gaming di Twitter bisa dilihat lewat unggahan Tweet dari akun dengan handle @melemahkankuu, sebagaimana tercantum pada cuplikan di bawah ini.

Dalam cuitan itu, tercantum kata Kocak Gaming untuk menilai sebuah pertanyaan yang dirasa kurang pas. Salah satu kata dalam bahasa gaul di Twitter itu juga kerap ditambahkan awalan “Beliau ini”, jadi “Beliau ini kocak gaming”.

Contoh penggunaan “Beliau ini kocak gaming” bisa dilihat melalui Tweet yang diunggah oleh akun dengan handle @clownichles, seperti yang tertera di bawah ni.

Kata “Beliau ini kocak gaming” digunakan @clownichles untuk mengomentari tindakan aneh dari seseorang yang disinyalir sebagai penipu. Selain dari dua contoh di atas, masih banyak lagi varian format pemakaian kata Kocak Gaming di Twitter.

Dilihat dari faktor bahasa dan kebiasaan pengguna di Twitter, arti Kocak Gaming yang lebih tepat adalah ungkapan untuk menyebut sebuah tindakan atau perilaku konyol, yang seharusnya tidak dilakukan oleh seseorang.

Baca juga: Arti Kata “Bdmd” yang Sering Digunakan di Twitter

Demikianlah penjelasan seputar arti Kocak Gaming yang sering dipakai di Twitter oleh pengguna, untuk mengomentari perilaku konyol, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com