Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gamer Ini Tamatkan Elden Ring dalam 2,5 Jam, Seharusnya Bisa sampai 50 Jam

Kompas.com - 25/07/2022, 08:00 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Game petualangan role playing game (RPG) populer Elden Ring terkenal karena mekanisme permainannya yang cukup sulit serta jalan ceritanya yang kompleks.

Saking berbelitnya game ini, situs web yang biasa merekam rekor pemain seputar berapa lama sebuah game bisa ditamatkan (howlongtobeat.com) mencatat bahwa game ini membutuhkan waktu lebih dari 50 jam untuk ditamatkan.

Namun, seorang gamer asal kota Toronto, Kanada, sukses menamatkan game bikinan FromSoftware tersebut hanya dalam waktu 2,5 jam.

Pencapaian yang ia klaim sebagai "rekor pertama di dunia" itu ia umumkan lewat media sosial Twitter melalui akun dengan handle @Ainrun_ttv.

Baca juga: Elden Ring di PC Rentan Disusupi Hacker, Pemain Diimbau Nonaktifkan Fitur Multiplayer

Sebelumnya, ia juga melakukan live streaming di platform Twitch melalui kanal @Ainrun untuk membuktikan bahwa rekor menamatkan game Elden Ring tersebut tidak direkayasa. Ia terlihat memainkan Elden Ring menggunakan controller Xbox.

Tak hanya menamatkan game tersebut dengan waktu kurang dari 3 jam, ia juga berhasil membasmi semua musuh yang ada di dalam game, termasuk musuh (bos) utama tanpa terkena pukulan dari musuh.

Artinya, "nyawa", atau biasa disebut hit points (HP) jika di dalam game, tidak berkurang sama sekali selama ia memainkan hingga berhasil menamatkan Elden Ring dalam waktu 2,5 jam.

Adapun pencapaian Ainrun ini berhasil diraih karena ia memang gemar memainkan dan menamatkan aneka game buatan FromSoftware sejak dua tahun lalu.

Hal itu ia lakukan berulang kali, sehingga ia berhasil menemukan trik untuk membasmi musuh dan menamatkan game dengan cepat. 

"Saya telah melakukan kegiatan menamatkan game dengan cepat (speedrun) di aneka game buatan FromSoftware sejak 2020 lalu, mulai dari Dark Souls 1," tutur Ainrun, dikutip KompasTekno dari Kotaku, Senin (25/7/2022).

"Untuk menamatkan game, saya berlatih berkali-kali untuk melihat berbagai celah yang bisa menguntungkan saya di dalam game," imbuh Ainrun.

Baca juga: Begini Tampilan Game PS5 Elden Ring jika Dimainkan di Game Boy

Speedrun Elden Ring

Ilustrasi gameplay game Elden Ring.RockPaperShotgun Ilustrasi gameplay game Elden Ring.
Kegiatan untuk menamatkan Elden Ring dengan waktu cepat alias speedrun belakangan memang digandrungi para gamer untuk saling memecahkan rekor atau sekadar ajang pamer.

Sebelumnya, rekor menamatkan Elden Ring tercepat tanpa terkena pukulan dari musuh diraih oleh akun Twitter dengan handle @SekiroShadow pada awal April lalu dengan waktu 3 jam.

Beberapa minggu setelahnya, seorang gamer bernama "Seeker TV" bahkan berhasil menamatkan game tersebut dalam waktu 7 menit.

Meski demikian, pencapaian tersebut diraih karena ia memanfaatkan sejumlah celah atau bug yang belum diperbaiki oleh FromSoftware.

Baca juga: Spesifikasi PC untuk Main Game Elden Ring, RAM Minimal 12 GB

Bug ini, yang dikenal dengan bug "Zip", ia pakai untuk mengelabui sistem game dan melewatkan (skip) beberapa bagian yang dianggap kurang penting dan memakan waktu di dalam game.

Penasaran bagaimana Ainrun menamatkan game Elden Ring dalam waktu 2,5 jam? Aksi lengkapnya bisa disimak dalam video YouTube berdurasi 2,5 jam yang diunggah kanal "Ainrun" di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com