Kompas.com - 26/07/2022, 07:49 WIB

KOMPAS.com - Dalam rangka migrasi 3G ke 4G, operator seluler Telkomsel mulai menonaktifkan jaringan 3G di sejumlah wilayah secara bertahap.

Terhitung sejak 20 Juli 2022 lalu, setidaknya terdapat 143 kota/kabupaten baru yang tidak lagi bisa mengakses jaringan 3G Telkomsel.

Setelah jaringan 3G Telkomsel dimatikan, pelanggan yang berada di wilayah tersebut hanya bisa mengakses jaringan 4G atau 5G (bila tersedia). Ini dikarenakan infrastruktur Telkomsel bakal berfokus untuk menggelar 4G dan 5G saja.

Baca juga: Daftar Wilayah yang Tidak Bisa Lagi Akses 3G Telkomsel Per 20 Juli 2022

Dengan jaringan 3G Telkomsel dimatikan, berarti pelanggan harus segera beralih atau upgrade kartu miliknya ke 4G. Lantas, bagaimana cara mengubah kartu 3G ke 4G Telkomsel?

Ada beberapa cara untuk mengubah kartu 3G ke 4G Telkomsel. Menariknya, pelanggan bisa mengubah kartu 3G ke 4G Telkomsel tanpa ke Grapari. Berikut caranya.

Cara mengubah kartu 3G ke 4G Telkomsel tanpa ke Grapari

Selain mendatangi GraPARI, pelanggan Telkomsel juga bisa mengubah kartu 3G ke 4G melalui tiga cara berikut ini:

  • mengubah kartu 3G ke 4G Telkomsel secara online melalui website
  • mengubah kartu 3G ke 4G Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel
  • mengubah kartu 3G ke 4G Telkomsel melalui Call Center 188
  • mengubah kartu 3G ke 4G Telkomsel melalui marketplace
  • mengubah kartu 3G ke 4G Telkomsel melalui media sosial Telkomsel

Baca juga: Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel lewat Tokopedia, Shopee, dan JDid

Telkomsel juga memberikan bonus kuota internet 4G hingga 30 GB untuk berselancar mengakses berbagai aplikasi, layanan streaming, dan penyimpanan berbasis cloud.

Melansir laman resmi Telkomsel, promo kuota 4G sebesar 15-30 GB ini akan dikenakan biaya Rp 10 saat proses migrasi kartu 3G ke 4G berhasil.

Baca juga: Sinyal 3G Telkomsel Mulai Dimatikan, Ini Cara Cek GraPARI Terdekat buat Upgrade Kartu 4G

Namun, promo kuota hingga 30 GB ini hanya berlaku bagi pelanggan yang menukar ke kartu 4G dengan masa aktif kurang dari 3 bulan. Program kuota hingga 30 GB untuk migrasi kartu ini akan berlaku hingga 31 Desember 2022.

Untuk pelanggan Telkomsel yang belum melakukan upgrade kartu SIM 3G ke 4G berikut ini KompasTekno merangkum cara ganti kartu Telkomsel online dan mendapatkan kuota internet 4G hingga 30 GB, dilansir dari laman resmi Telkomsel.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.