Demi Sawer Kreator saat Live Streaming, Uang Puluhan Juta Rela Dihamburkan

Kompas.com - 26/07/2022, 10:01 WIB

KOMPAS.com - Sekarang, banyak kreator konten (content creator) asal Indonesia yang rutin melakukan siaran langsung (live streaming) di platform digital. Sebut saja seperti Instagram, YouTube, TikTok, Bigo, Boom Live, Mico Live, dan lainnya.

Selama live streaming berlangsung, penonton pun terlihat ramai mendukung kreator dengan memberikan komentar, tantangan, dan saweran. Saweran yang diberikan biasanya berupa stiker berbayar, koin, atau donasi uang.

Tak tanggung-tanggung, penonton pun ada yang rela merogoh uangnya hingga puluhan juta demi menyawer kreator favoritanya. Seperti yang dilakukan warganet yang memiliki handle akun Boom Live, dengan inisial PKR, misalnya.

Baca juga: Ketika Live Streaming Jadi Lahan Kreator Cari Duit secara Instan...

Nyawer hingga lebih dari Rp 10 juta

PKR menceritakan bahwa dirinya mulai rutin menonton live streaming sejak pertengahan Januari 2021. Pandemi Covid-19 yang merebak membuat dirinya berdiam di rumah dan sering menonton live streaming.

Ada beberapa platform live streaming yang biasa digunakannya, yaitu Boom Live, Kitty Live Streaming, dan Bigo.

"Konten yang ditonton biasanya yang mengobrol biasa aja. Dulu juga pernah nonton Nimo, lihat live streaming game. Nontonin pemain Mobile Legends," cerita PKR kepada KompasTekno.

Baca juga: Pengguna TikTok di Rusia Tak Bisa Live Streaming dan Bikin Konten

Dari ketiga platform live streaming tadi, PKR mengaku paling banyak menyawer kreator konten yang live streaming di Boom Live. Saweran yang diberikan berupa koin.

PKR mengatakan, koin tersebut harus dibeli dengan uang. Dia mencontohkan, dengan melakukan top up Rp 600.000, maka dia bisa memiliki 5 juta koin. Dia juga pernah top up Rp 3 juta untuk 30 juta koin.

"Kalau total top up (untuk koin saweran), enggak tau ya. Soalnya enggak pernah dicatet," kata PKR.

"Tapi Rp 10-15 juta ada sih dalam kurun waktu 10-11 bulan nonton live streaming," pungkas dia.

Baca juga: Cara Melakukan Live Streaming YouTube via Android dan iPhone

Selama menonton live streaming, PKR mengaku bahwa dirinya bukan tipe orang yang bisa mengirit-irit koin agar tak diberikan ke kreator.

Dia mengaku pernah menghabiskan Rp 3 juta untuk menyawer kreator dalam waktu satu minggu. Rata-rata koin yang diberikan juga tidak menentu, sesuka hatinya saja dia berikan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.