Tips Membersihkan Speaker iPhone dari Air dan Debu dengan Mudah

Kompas.com - 26/07/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Di iPhone, terdapat beberapa komponen yang mudah atau rawan terkena paparan air dan debu, salah satu contohnya seperti speaker. Audio yang keluar dari iPhone bakal dilewatkan lubang speaker.

Pada seri iPhone 8 dan yang lebih baru, speaker terletak di dua lokasi. Pertama, speaker atas yang terletak di sebelah kiri kamera selfie. Kemudian, terdapat pula speaker yang berada di bagian bawah bodi iPhone, sebelah kanan microphone.

Baca juga: Apakah Boleh iPhone Dicas hingga Penuh 100 Persen?

Baik speaker atas maupun bawah, keduanya sama-sama memiliki lubang yang terbuka sebagai saluran output audio. Bagian lubang itulah yang bisa jadi tempat masuknya air atau debu.

Adanya air atau debu di sekitar lubang speaker, bisa mengganggu kualitas audio yang dikeluarkan. Audio mungkin dapat terdengar jadi cempreng atau lirih.

Oleh karena itu, jika terdapat air atau debu di bagian speaker maka harus dibersihkan agar tak mengganggu kualitas audio. Lantas, bagaimana cara membersihkan speaker iPhone?
Untuk membersihkan speaker iPhone, setidaknya terdapat dua cara yang bisa dilakukan.

Cara tersebut disesuaikan dengan zat yang menghalangi output audio dari speaker iPhone. Bagian speaker iPhone yang terhalangi zat berupa air atau debu, masing-masing memiliki cara membersihkan yang berbeda.

Untuk lebih lengkapnya, berikut KompasTekno rangkumkan cara membersihkan speaker iPhone dari air atau debu.

Cara membersihkan speaker iPhone dari air

Untuk membersihkan speaker iPhone dari air, caranya bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga “Water Eject” yang berada di aplikasi “Pintasan” atau “Shortcut”.

Aplikasi Water Eject bekerja dengan mengeluarkan bunyi frekuensi tinggi dan membuat getaran di iPhone. Getaran dan bunyi yang dihasilkan dapat mendorong ke luar air yang berada di bagian speaker.

Cara menggunakan Water Eject untuk membersihkan speaker iPhone dari air bisa dilihat melalui penjelasan di bawah ini:

  • Unduh dulu aplikasi Water Eject lewat tautan ini, lewat browser di iPhone;
  • Setelah itu, klik “Get Started” dan pilih opsi “Tambahkan Pintasan”. Aplikasi Water Eject telah ditambahkan di aplikasi Pintasan;
  • Selanjutnya, buka aplikasi Pintasan dan cari aplikasi Water Eject yang telah ditambahkan tadi;
  • Bila telah ditemukan, klik aplikasi Water Eject dan pilih opsi “Begin Water Ejection”;
  • Kemudian, aplikasi bakal memulai untuk mengeluarkan bunyi dan getaran di iPhone. Tunggu beberapa saat hingga air yang berada di bagian speaker keluar;
  • Untuk menghentikan bunyi dan getaran itu, klik tombol “Stop” yang terdapat di aplikasi Water Eject.

Ilustrasi cara membersihkan speaker iPhone dari air dengan aplikasi Water Eject.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara membersihkan speaker iPhone dari air dengan aplikasi Water Eject.

Cara membersihkan speaker iPhone yang berdebu

Dikutip dari laman resmi Apple, untuk membersihkan speaker iPhone yang berdebu, caranya bisa dilihat melalui penjelasan di bawah ini:

  • Siapkan sikat kecil berbulu halus;
  • Pastikan sikat tersebut dalam kondisi bersih dan kering;
  • Hindari untuk membasahi sikat dengan air atau zat yang bersifat korosif seperti sabun;
  • Gosok bagian speaker yang terdapat debu dengan sikat;
  • Coba setel audio dengan menaikkan dan menurunkan volumenya;
  • Bila audio masih terdengar belum jernih, silakan ulangi lagi untuk menyikat bagian speaker.

Baca juga: Mengapa Perlu Meletakkan iPhone dengan Posisi Layar Menghadap Bawah?

Jika dengan dua cara di atas tetap terdapat gangguan pada speaker, silakan bawa iPhone ke tempat servis terdekat untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Demikian informasi seputar cara membersihkan speaker iPhone dari air dan debu, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.