BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Polytron

Bingung Menentukan Bluetooth Speaker Terbaik? Tes Kualitasnya dengan 5 Lagu ini

Kompas.com - 26/07/2022, 11:16 WIB

KOMPAS.com - Sebelum membeli Bluetooth speaker, salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah kualitas audio yang dihasilkan.

Namun, banyaknya jenis Bluetooth speaker dengan performa variatif yang tersedia di pasaran kerap membuat seseorang bingung dalam menentukan produk dengan audio berkualitas.

Meski begitu, terdapat beberapa cara untuk mengidentifikasi kualitas audio yang dihasilkan oleh speaker, yakni dengan memutar lagu yang memiliki instrumen dan aransemen kompleks.

Melansir dari laman theproductanalyst.com, Senin (28/2/2022), berdasarkan hasil pengamatan dari teknisi audio, berikut beberapa lagu yang bisa dicoba untuk menguji kualitas speaker.

1. National Anthem (Radiohead)

Lagu berjudul “National Anthem” dari band eksperimental rock asal Inggris, Radiohead, adalah salah satu lagu favorit para audiophiles atau seseorang yang terobsesi dengan suara speaker.

Bagi mereka, lagu itu cocok untuk menguji kualitas dari sistem audio pada speaker lantaran padat akan suara instrumen, mulai dari konvensional hingga elektronik.

Baca juga: Mau Jadi Musisi Kamar? Inilah 7 Peralatan yang Wajib Dimiliki

Oleh karena itu, lagu tersebut cocok digunakan untuk mengetahui seberapa jelas, detail, dan jernih audio yang dikeluarkan speaker.

Selain itu, melansir laman headphonesproreview.com, Kamis (6/1/2022), National Anthem juga menjadi lagu yang sempurna untuk menguji keseimbangan keseluruhan nada yang dihasilkan speaker.

2. Turn Your Lights Down Low (Bob Marley and The Wailers)

“Turn Your Lights Down Low” dari Bob Marley and The Wailers adalah lagu reggae yang cukup unik. Lagu ini tak seperti lagu reggae pada umumnya lantaran memiliki beat yang cukup pelan dan lembut.

Meski begitu, lagu tersebut begitu memanjakan pendengarnya berkat berbagai macam instrumen yang dimainkan secara padu. Ini yang menjadi kelebihan lagu yang dirilis pada 1977 tersebut sehingga sering dipakai untuk menguji kualitas stereo pada speaker.

3. Lonesome Lover (Max Roach)

Jika menyukai musik beraliran jaz, lagu “Lonesome Lover” dari Max Roach bisa kamu gunakan untuk menguji kualitas speaker.

Untuk diketahui, dalam lagu tersebut, Max Roach begitu menonjolkan permainan hi-hat dan ride cymbal roaches yang ada pada drum.

Baca juga: Sebelum Tarif Naik, Lakukan 5 Hal Berikut untuk Menghemat Listrik di Rumah

Oleh karena itu, “Lonesome Lover” sangat cocok digunakan untuk mengetahui seberapa berkualitas suara treble yang dihasilkan oleh speaker.

4. Royals (Lorde)

Tak butuh waktu lama bagi kamu untuk mengetahui seberapa berkualitas suara speaker yang dihasilkan lewat lagu ini.

Pasalnya, lagu “Royals” langsung dimulai dengan dentuman bass drum yang menggema.

Bila speaker yang kamu gunakan punya kualitas baik, suara tersebut pun akan terasa menggelegar.

Tak hanya itu, ketukan drum yang dilakukan secara terus-menerus pada lagu tersebut juga cocok digunakan untuk menguji resonansi dan kinerja speaker.

5. Hotel California (Eagles)

Selain familier di telinga banyak orang, “Hotel California” dari Eagles juga jadi salah satu lagu yang sangat populer di kalangan audiophile. Sebab, lagu ini memiliki kualitas suara yang tergolong kompleks.

Maka dari itu, hanya perangkat audio atau speaker dengan kualitas terbaik yang dinilai dapat menangkap detail masing-masing suara instrumen pada lagu tersebut.

Baca juga: Tak Hanya di Luar, Polusi Udara Juga Terdapat di Dalam Rumah

Dilansir dari laman urbandigital.id, lagu itu juga bisa digunakan untuk menguji tinggi atau rendahnya kapasitas frekuensi speaker berkat bass bernada tinggi dan penggunaan drum bongo.

Dengan proses rekaman berkualitas tinggi, lagu tersebut juga populer di kalangan audiophile untuk mengetes kualitas speaker dan headphone.

Itulah lima lagu yang bisa kamu gunakan untuk mencoba kualitas suara yang dihasilkan speaker.

Produk Bluetooth Speaker Polytron PMA 9507/BA.dok. p Produk Bluetooth Speaker Polytron PMA 9507/BA.

Jika tertarik untuk membeli Bluetooth speaker dengan kualitas terbaik, kamu bisa melirik produk PMA 9507/BA dari Polytron.

Untuk diketahui, Bluetooth Speaker Polytron PMA 9507/BA adalah produk dengan 2,1 channel multimedia speaker yang dilengkapi dengan satu subwoofer 6,5 inci dan dua satelit speaker, yakni midrange 4 inci dan tweeter 1 inci.

Produk tersebut memiliki kualitas suara yang baik lantaran telah dilengkapi fitur ekstra bass Bazzoke, yang dapat menghasilkan suara bass lebih bertenaga dan dahsyat sekalipun pada volume rendah.

Sebagai multimedia speaker, Polytron PMA 9507/BA bisa terhubung dengan perangkat lain karena dilengkapi dengan input berupa universal serial bus (USB), secure digital card (SD card) atau multimedia card (MMC), auxiliary jack (aux), serta line input.

Memiliki keunggulan hasilkan suara yang bombastis, Bluetooth speaker PMA 9507/BA didukung dengan power output 150 watt RMS yang terbilang sangat mumpuni dan powerful di kelasnya. Bluetooth speaker ini juga dilengkapi dengan FM radio sehingga kamu bisa menyetel radio langsung di perangkat.

Untuk memudahkan pengoperasiannya, PMA 9507/BA juga didukung dengan teknologi Bluetooth. Dengan begitu, kamu bisa menghubungkan perangkat, seperti laptop atau PC, dengan speaker tanpa membutuhkan kabel konektor.

Tak ketinggalan, ada juga fitur Polytron Audio Connect yang merupakan aplikasi pengontrol speaker milik Polytron yang bisa dioperasikan lewat gawai. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah dan praktis untuk memilih musik favorit, mengatur equalizer, volume, hingga berbagai fitur lainnya.

Ada juga fitur menarik lainnya, seperti white light emitting diodes (LED) display dan ambient light dengan 7 pilihan warna yang dapat membuat efek cahaya saat suara diputar dari speaker.

Bluetooth Speaker Polytron PMA 9507/BA juga dapat mengakomodasi aktivitas karaoke. Pasalnya, perangkat ini punya dua mic input dengan teknologi mic digital dan echo level.

Selain mic, kamu juga mendapatkan kabel jack radio corporation of America (RCA) 3,5 milimeter (mm) serta remote control untuk mengaktifkan atau melakukan pengaturan speaker dari jarak jauh tanpa perlu menggunakan kabel atau wireless.

Bluetooth Speaker Polytron PMA 9507/BA dibekali dengan garansi 1 tahun. Didukung pula dengan service center Polytron yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Anda yang berminat memiliki Bluetooth Speaker Polytron PMA 9507/BA, bisa membelinya di gerai elektronik terdekat.

Produk tersebut juga dapat dibeli secara online di situs web resmi Polytron, www.polytron.co.id.


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.