Rawan Muncul Challenge Berbahaya, Pengamat Sebut Syarat Live Streaming Perlu Diperketat

Kompas.com - 26/07/2022, 11:40 WIB

KOMPAS.com - Konten live streaming kini kian banyak digemari kreator. Mereka memanfaatkan platform live streaming, seperti TikTok, YouTube, NimoTV, Twitch, dll untuk menyapa langsung penontonnya (viewers).

Konten yang disuguhkan bisa apa saja, asal mampu menarik sebanyak mungkin penonton. Mulai dari sekadar mengobrol dengan para penonton, menyanyi, berjoget dalam durasi waktu tertentu, berjualan, hingga melakukan tantangan.

Biasanya, streamer (orang yang melakukan live streaming), akan melakukan tantangan (challenge) yang diminta oleh audiens. Tantangannya bisa dari yang sederhana, seperti menyanyi atau berjoget.

Baca juga: Ketika Live Streaming Jadi Lahan Kreator Cari Duit secara Instan...

Ada pula yang tantangannya cukup unik, misalnya menulis nama penonton dalam huruf Arab.
Akan tetapi, ada pula kreator yang melakukan tantangan yang cukup berbahaya dan cenderung menyakiti diri sendiri atau orang di sekitarnya.

Misalnya, mandi di tengah hutan saat malam hari, salto di pinggir sungai sambil memakai karung, makan telur mentah, berguling-guling di jalan raya, mandi air di tengah jalan, dan sebagainya.

Tantangan berbahaya itu dilakukan demi menarik banyak penonton, sehingga bisa meraup lebih banyak rewards atau saweran. Sebab, selama live streaming berlangsung, penonton bisa menyawer kreator dengan memberikan gift berupa stiker.

Stiker tersebut memiliki nilai hingga jutaan rupiah. Nantinya, kreator bisa mengumpulkan stiker-stiker itu dan menukarnya dalam bentuk uang tunai.

Baca juga: Cerita Kreator Konten yang Raup Saweran hingga Rp 10 Juta Per Bulan dari Live Streaming

Maka dari itulah, banyak kreator yang menganggap apabila mereka bisa melakukan tantangan yang cukup ekstrem, maka gift yang mereka terima juga akan besar jumlahnya.

Ketika salah seorang kreator melakukan challenge yang cukup ekstrem dan berhasil mendapat rewards yang banyak dari penonton, kreator lainnya akan berbondong-bondong mengikuti hal serupa untuk mendapatkan keuntungan.

Tantangan live streaming berbahaya yang telan korban jiwa

Ilustrasi media sosial membuat stresHighwaystarz-Photography Ilustrasi media sosial membuat stres
Kasus challenge berbahaya yang viral di medsos cukup sering terjadi dan tidak sedikit di antaranya yang menelan korban jiwa. Biasanya, challenge tersebut memang sengaja disiarkan secara langsung untuk menarik penonton sebanyak mungkin.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.