Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rawan Muncul Challenge Berbahaya, Pengamat Sebut Syarat Live Streaming Perlu Diperketat

Kompas.com - 26/07/2022, 11:40 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Konten live streaming kini kian banyak digemari kreator. Mereka memanfaatkan platform live streaming, seperti TikTok, YouTube, NimoTV, Twitch, dll untuk menyapa langsung penontonnya (viewers).

Konten yang disuguhkan bisa apa saja, asal mampu menarik sebanyak mungkin penonton. Mulai dari sekadar mengobrol dengan para penonton, menyanyi, berjoget dalam durasi waktu tertentu, berjualan, hingga melakukan tantangan.

Biasanya, streamer (orang yang melakukan live streaming), akan melakukan tantangan (challenge) yang diminta oleh audiens. Tantangannya bisa dari yang sederhana, seperti menyanyi atau berjoget.

Baca juga: Ketika Live Streaming Jadi Lahan Kreator Cari Duit secara Instan...

Ada pula yang tantangannya cukup unik, misalnya menulis nama penonton dalam huruf Arab.
Akan tetapi, ada pula kreator yang melakukan tantangan yang cukup berbahaya dan cenderung menyakiti diri sendiri atau orang di sekitarnya.

Misalnya, mandi di tengah hutan saat malam hari, salto di pinggir sungai sambil memakai karung, makan telur mentah, berguling-guling di jalan raya, mandi air di tengah jalan, dan sebagainya.

Tantangan berbahaya itu dilakukan demi menarik banyak penonton, sehingga bisa meraup lebih banyak rewards atau saweran. Sebab, selama live streaming berlangsung, penonton bisa menyawer kreator dengan memberikan gift berupa stiker.

Stiker tersebut memiliki nilai hingga jutaan rupiah. Nantinya, kreator bisa mengumpulkan stiker-stiker itu dan menukarnya dalam bentuk uang tunai.

Baca juga: Cerita Kreator Konten yang Raup Saweran hingga Rp 10 Juta Per Bulan dari Live Streaming

Maka dari itulah, banyak kreator yang menganggap apabila mereka bisa melakukan tantangan yang cukup ekstrem, maka gift yang mereka terima juga akan besar jumlahnya.

Ketika salah seorang kreator melakukan challenge yang cukup ekstrem dan berhasil mendapat rewards yang banyak dari penonton, kreator lainnya akan berbondong-bondong mengikuti hal serupa untuk mendapatkan keuntungan.

Tantangan live streaming berbahaya yang telan korban jiwa

Ilustrasi media sosial membuat stresHighwaystarz-Photography Ilustrasi media sosial membuat stres
Kasus challenge berbahaya yang viral di medsos cukup sering terjadi dan tidak sedikit di antaranya yang menelan korban jiwa. Biasanya, challenge tersebut memang sengaja disiarkan secara langsung untuk menarik penonton sebanyak mungkin.

Sebagai contoh, salah satu youtuber asal Rusia bernama Stas Reeflay. Dia melakukan tantangan dengan meminta kekasihnya yang sedang hamil, berdiri di luar rumah hanya dengan mengenakan pakaian dalam.

Padahal, saat itu suhu di Rusia sedang berada di bawah nol derajat Cecius. Akhirnya, sang kekasih tewas akibat hipotermia. Kabarnya, tantangan itu dilakukan Stas Reeflay demi mendapatkan uang senilai 1.000 dollar AS (sekitar Rp 14 juta).

Baca juga: Demi Sawer Kreator saat Live Streaming, Uang Puluhan Juta Rela Dihamburkan

 

Ada pula tren challenge lain yang sedang ramai beberapa bulan ini, yakni "Timer Challenge".
Streamer yang melakukan tantangan ini, akan melakukan live streaming dan mengatur alarm di ponselnya.

Alarm itu seakan menunjukkan "sisa waktu" hidup mereka. Sebab ketika waktu telah habis dan alarm berbunyi, mereka harus melakukan tindakan yang lebih berbahaya dan bisa mengancam nyawa.

Biasanya, live streaming yang menampilkan tantangan "Timer Challenge" akan disertai caption berbunyi "lihat, siapa yang akan peduli". Jadi, selama sisa waktu itu, streamer berharap ada penonton yang akan peduli untuk menyalamatkannya, sebelum alarm di ponselnya berbunyi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com