Siapa yang Sering Berinteraksi dengan Kita di Twitter? Ini Cara Ceknya

Kompas.com - 26/07/2022, 18:15 WIB

KOMPAS.com- Kadang kita tak sadar sudah seberapa banyak dan dengan siapa saja melakukan interaksi di Twitter. Mengetahui siapa saja yang sering berinteraksi dengan kita di Twitter, mungkin dapat berguna untuk membantu memetakan jaringan pertemanan.

Lantas, bagaimana cara cek siapa yang sering berinteraksi dengan kita di Twitter? Perlu diketahui, interaksi antar akun di Twitter memiliki beragam bentuk, mulai dari Mention, Like, Retweet, hingga Quote Tweet.

Baca juga: Arti Kata “Praying Circle” yang Tengah Ramai di Twitter

Pada dasarnya, jaringan pertemanan di Twitter bisa dilihat lewat bentuk-bentuk interaksi tersebut. Namun, menghitung interaksi itu bakal cukup merepotkan jika dilakukan secara manual.

Di sisi lain, sebenarnya terdapat cara untuk cek siapa yang sering berinteraksi dengan kita di Twitter dengan mudah, yakni memanfaatkan fitur dari situs web “Orbit.livasch.com”.

Situs web tersebut menyediakan fitur untuk mengumpulkan informasi terkait intensitas interaksi akun Twitter milik kita dengan akun lain. Intensitas itu diambil dari data interaksi yang bisa diakses secara publik.

Adapun data publik itu adalah jumlah Mention, Like, Retweet, dan Quote Tweet yang kita berikan ke akun lain. Orbit.livasch.com tidak bisa mengakses data interaksi dari akun lain ke akun milik kita.

Jadi data yang tidak bisa dibaca oleh situs web itu, misalnya Mention atau Like dari akun lain pada akun milik kita. Kemudian, Orbit.livasch.com juga tidak dapat membaca data interaksi dari akun yang dikunci atau dilindungi (private).

Setelah data interaksi dikumpulkan, Orbit.livasch.com bakal membuat diagram yang bisa berisi hingga sembilan lapis lingkaran. Tiap lapis lingkaran dalam diagram menunjukkan tingkat intensitas interaksi kita dengan akun lain di Twitter.

Ilustrasi diagram akun yang sering berinteraksi dengan kita di Twitter.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi diagram akun yang sering berinteraksi dengan kita di Twitter.

Akun-akun yang berada di lapis pertama menandakan bahwa kita sangat sering melakukan Mention, Retweet, Like, dan Quote Tweet ke mereka. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara cek siapa yang sering berinteraksi dengan kita di Twitter via Orbit.livasch.com.

Cara cek siapa yang sering berinteraksi dengan kita di Twitter

  • Kunjungi situs web ini https://orbit.livasch.com/.
  • Selanjutnya, masukkan username Twitter (@abcde) di kolom yang tersedia.
  • Tunggu beberapa saat hingga situs web menampilkan diagram lingkaran akun yang sering kita Mention, Retweet, Like, dan Quote Tweet.
  • Tiap lapis lingkaran dalam diagram bisa memuat hingga 50 akun. Berarti Orbit.livasch.com dapat menampilkan hingga 450 akun dalam diagram.
  • Pengaturan diagram tersebut bisa diakses melalui opsi “Number of circles” dan “People per circle”
  • Daftar nama akun yang berada di diagram tersebut bisa dilihat lewat opsi “Who’s in My Circle?”.
  • Kemudian, diagram lingkaran tersebut juga bisa diunduh menjadi gambar dengan mengetuk opsi “Download Image”.

Ilustrasi cara cek siapa yang sering berinteraksi dengan kita di Twitter.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara cek siapa yang sering berinteraksi dengan kita di Twitter.

Baca juga: Cara Bikin Spotify Bercahaya yang Tengah Ramai di Twitter

Penting untuk diingat, cara di atas sebaiknya digunakan untuk keperluan akun Twitter milik pribadi saja. Jangan dijadikan sebagai upaya untuk menguntit intensitas interaksi dari akun milik pengguna lain.

Itulah cara cek siapa yang sering berinteraksi dengan kita di Twitter dengan mudah via
Orbit.livasch.com, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.