BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Jajal Fitur Kamera Oppo Find X5 Pro 5G, Renatta Moeloek Dibuat Terpukau

Kompas.com - 27/07/2022, 09:10 WIB

KOMPAS.comOppo baru saja meluncurkan smartphone flagship Find X5 Pro 5G pada akhir Juni 2022. Smartphone premium ini menawarkan sejumlah pembaruan teknologi, terutama pada kamera.

Oppo menggandeng produsen kamera kenamaan, Hasselblad, guna memperkuat kemampuan kamera. Untuk diketahui, kamera Hasselblad pernah digunakan untuk misi ke Bulan serta membuat foto kover album The Beatles.

Selain itu, jenama smartphone asal China ini juga menyematkan neural processing unit (NPU) MariSilicon X agar hasil jepretan atau rekaman kamera Oppo Find X5 Pro 5G semakin menawan.

Kecanggihan inovasi terbaru Oppo tersebut dijajal oleh chef sekaligus selebritas Renatta Moeloek. Belum lama ini, ia mengulas fitur-fitur unggul pada kamera Oppo Find X5 Pro 5G.

Saat mencoba, Renatta terkagum dengan mode XPan yang diadaptasi dari kamera Hasselblad pada Oppo Find X5 Pro 5G. Menurutnya, mode tersebut bisa mengambil gambar format panorama dengan kualitas ketajaman tinggi. Mode ini juga bisa mengambil gambar dengan perspektif yang lebih unik.

Baca juga: OPPO Indonesia Hadirkan Flagship Smartphone OPPO Find X5 Pro 5G dengan Marisilicon X dan Hasselblad

Usai fitur XPan, ia juga mencoba fitur creative master filter yang membantu mempercantik hasil foto. Melalui fitur ini, ia bisa menambahkan filter foto khas Hasselblad, yakni Radiance, Serenity, dan Emerald.

“Hasselblad camera experience in a smartphone. Itu kalimat yang paling tepat untuk menggambarkan Oppo Find X5 Pro 5G,” ujar Renatta saat menjajal flagship tersebut di kanal YouTube Oppo Indonesia, Kamis (21/7/2022).

hef Renatta Moeloek mengulas fitur-fitur unggul pada kamera Oppo Find X5 Pro 5GYouTube Oppo Indonesia hef Renatta Moeloek mengulas fitur-fitur unggul pada kamera Oppo Find X5 Pro 5G

Selain peranti lunak, salah satu juri pada ajang pencarian bakat masak Master Chef Indonesia tersebut juga terkesan dengan peranti keras Oppo Find X5 Pro 5G. Gadget ini memiliki dua lensa kamera utama beresolusi 50 megapiksel (MP). Dua lensa tersebut dilengkapi dengan setelan 10-bit color dan sensor terbaik Sony IMX 766.

Saat dicoba untuk memotret, Renatta terpukau dengan hasil yang didapat. Baik lensa wide maupun ultrawide dapat menghasilkan foto dengan kualitas yang sama bagus. Warna pada foto bisa begitu kaya berkat setelan 10-bit color.

"Ini salah satu elemen favorit saya karena smartphone lain kebanyakan hanya menjagokan salah satu lensanya. Jadi, kualitas fotonya enggak balance," tutur Renatta.

OPPO Find X5 Pro 5G.Dok. Oppo OPPO Find X5 Pro 5G.

Superior di kondisi minim cahaya dan stabil

Selain foto, video yang dihasilkan Oppo Find X5 Pro 5G juga tak kalah bagus. MariSilicon X pada kamera flagship tersebut dapat meningkatkan kemampuan pengambilan video dalam kondisi minim cahaya.

Renatta menjajal sendiri kemampuan MariSilicon X yang digadang menjadi standar baru NPU ponsel premium. Saat merekam seekor ikan di akuarium dalam kondisi minim cahaya, video yang dihasilkan memiliki warna lebih tajam.

“MariSilicon X adalah prosesor gambar yang dikembangkan oleh Oppo untuk mengoptimalkan fungsi kamera Oppo Find X5 Pro 5G. Fitur ini bahkan bisa meningkatkan kemampuan pengambilan gambar dalam kondisi low light,” tutur Renatta.

Selain NPU, Renatta juga memuji teknologi artificial intelligence (AI) pada kamera Oppo Find X5 Pro 5G. Kecerdasan buatan tersebut mampu mengatur pencahayaan dengan presisi sehingga memberikan hasil yang tampak natural.

“Dalam kondisi backlight, AI tahu bagian mana yang perlu diredupkan dan bagian mana yang perlu diterangkan,” ucapnya.

Kecanggihan kamera Oppo Find X5 Pro 5G lain, lanjut Renatta, terletak pada kestabilan gambar. Hal ini ditunjang oleh 5-axis stabilizer. Adapun 3-axis terdapat pada sensornya, sedangkan 2-axis lain terletak pada lensa.

Baca juga: Ini Alasan Oppo Find X5 Pro 5G Disebut sebagai Smartphone Gahar di Kelasnya

"(Kalau) kita aktifkan Ultra-Steady Pro (untuk merekam video), hasilnya seperti kita pakai gimbal (alat untuk menstabilkan kamera) ya. Saat mengambil foto pun, kameranya bisa mengambil obyek yang gerakannya cepat dengan tajam," ulasnya.

Renatta menilai, teknologi advance yang disematkan pada kamera Oppo Find X5 Pro 5G dapat menghasilkan foto atau video yang setara dengan kamera profesional.

Oppo Find X5 Pro 5G seri white ceramicsOppo Oppo Find X5 Pro 5G seri white ceramics

"Luar biasa ya fitur-fitur kameranya. Kualitas gambar yang dihasilkan jadi seperti menggunakan kamera profesional. Setiap fungsinya memberikan nilai lebih pada setiap manfaat yang bisa kita peroleh dari sebuah smartphone," jelas Renatta.

Kemampuan kamera tersebut disokong oleh dapur pacu teratas, yakni Snapdragon 8 Gen 1. Untuk diketahui, prosesor terbaru dari Qualcomm itu merupakan chipset dengan kemampuan teratas pada saat ini.

Chipset berinti delapan tersebut mampu meningkatkan kinerja Oppo Find X5 Pro 5G hingga 30 persen ketimbang Find X3 Pro. Tak hanya cepat, Snapdragon 8 Gen 1 juga dapat menghemat daya pada gawai.

Ditambah baterai berkapasitas 5.000 miliampere hour (mAh), Oppo Find X5 Pro 5G dapat digunakan dalam waktu cukup lama. Belum lagi, Oppo juga sudah menyematkan fitur pengisian supercepat 80W SuperVOOC yang mampu mengisi daya baterai hingga 50 persen hanya dalam 12 menit.

Baca juga: Selain Tampil Mewah, Oppo Find X5 Pro 5G juga Punya Baterai Berkapasitas Besar

Smartphone Flagship OPPO Find X5 Pro 5G resmi dijual perdana di seluruh Indonesia Dok. Oppo Indonesia Smartphone Flagship OPPO Find X5 Pro 5G resmi dijual perdana di seluruh Indonesia

Kamu yang tertarik merasakan kecanggihan kamera dan fitur lain Oppo Find X5 Pro 5G bisa mendapatkannya secara offline di Oppo Store atau online di Oppo Official Store pada situs e-commerce. Adapun smartphone ini dibanderol seharga Rp 14.999.000.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.