Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatasi Lupa E-mail dan Password dari Akun Prakerja

Kompas.com - 27/07/2022, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Sebagaimana umum diketahui, Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja yang diselenggarakan pemerintah kepada masyarakat yang tengah mencari kerja.

Masyarakat yang terdaftar sebagai peserta Kartu Prakerja bakal menerima bantuan biaya pelatihan kerja sebesar Rp 1.000.000. Selain itu, juga mendapat insentif biaya mencari kerja sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan.

Baca juga: Kenapa Akun Prakerja Diblokir? Ini 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sebelum bisa menerima bantuan untuk pengembangan kompetensi kerja itu, masyarakat perlu memiliki akun Prakerja di situs web “prakerja.go.id”. Setelah memiliki akun, masyarakat bisa mendaftar sebagai peserta Kartu Prakerja saat gelombang telah dibuka.

Akun Prakerja memiliki fungsi yang sangat penting bagi peserta. Akun tersebut punya fungsi sebagai sarana untuk mengakses layanan dan mengautentikasi status kepesertaan dari program Kartu Prakerja.

Oleh karena itu, peserta wajib untuk senantiasa mengingat alamat e-mail dan password dari akun Prakerja miliknya. Selain itu, juga perlu untuk tidak membagikan ke pihak lain informasi mengenai data akun tersebut.

Mungkin bakal cukup merepotkan apabila sampai lupa password atau e-mail dari akun Prakerja. Peserta jadi tidak bisa login dan mengakses layanan dari Kartu Prakerja di situs web “prakerja.go.id”.

Seandainya lupa password Prakerja, lalu apakah ada cara untuk mengatasinya? Untuk mengatasi lupa password Prakerja, caranya cukup mudah. Di situs web “prakerja.go.id”, sejatinya tersedia opsi untuk mengatasi lupa password Prakerja.

Untuk lebih lengkapnya, berikut KompasTekno rangkumkan penjelasan mengenai bagaimana cara mengatasi lupa password Prakerja, sebagaimana dilansir laman resmi Prakerja.

Cara mengatasi lupa password Prakerja

  • Buka situs web “prakerja.go.id” dan klik menu “Masuk”.
  • Pada halaman login akun Prakerja, klik opsi “Lupa Password?”
  • Masukkan alamat email, nomor HP atau NIK (pilih salah satu) yang telah terdaftar di Kartu Prakerja, lalu klik opsi “Kirim”.
  • Sistem Prakerja bakal mengirim tautan untuk verifikasi permohonan perubahan password melalui e-mail.
  • Klik tautan tersebut untuk melakukan verifikasi.
  • Setelah itu, buat password baru dan klik opsi “Kirim”.
  • Bila password telah diganti, silakan login ulang akun Prakerja menggunakan password yang baru.

Itulah penjelasan seputar cara mengatasi lupa password Prakerja. Bila masalah yang terjadi adalah lupa password, mungkin masih diatasi dengan mudah. Namun, bagaimana jika masalahnya adalah lupa e-mail Prakerja?

Lupa e-mail Prakerja bisa dikatakan sebagai masalah yang cukup sulit. Pasalnya, opsi untuk mengatasi lupa e-mail Prakerja tidak tersedia di situs web “prakerja.go.id”, beda dengan masalah lupa password.

Lantas, bagaimana cara mengatasi lupa e-mail Prakerja? Untuk mengatasi lupa e-mail Prakerja, peserta perlu menghubungi Call Center dari pihak manajemen pelaksana Prakerja, begini penjelasannya.

Cara mengatasi lupa e-mail Prakerja

Dikutip dari laman resmi Kementerian Ketenagakerjaan, cara mengatasi lupa e-mail Prakerja bisa dilakukan dengan menghubungi e-mail “info@prakerja.go.id” (tanpa tanda kutip). Kepada e-mail tersebut, sampaikan kendala mengenai lupa e-mail Prakerja.

Selain melalui e-mail, keluhan mengenai masalah lupa e-mail akun juga bisa disampaikan dengan menghubungi Call Center Prakerja di nomor “08001503001”.

Baca juga: Cara Mengatasi Alamat KTP Tidak Sesuai Dukcapil saat Daftar Prakerja secara Online

Perlu diketahui, Call Centre Prakerja beroperasi dari hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 08.00 - 20.00 WIB. Demikian penjelasan seputar cara mengatasi lupa e-mail Prakerja, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com