Bocoran Fitur MIUI 14, dari Multi-Stream sampai Anti-Fraud

Kompas.com - 27/07/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Software antarmuka MIUI 14 dilaporkan sedang dalam pengembangan internal oleh Xiaomi. Laporan ini berasal dari temuan Xiomiui.net yang menemukan kode yang merujuk ke MIUI 14 pada pembaruan MIUI 13.

Bocoran lainnya kini mencuat menampilkan tangkapan layar (screenshot) dari antarmuka terbaru ponsel Xiaomi tersebut dalam versi pengembang 22.7.19. Potret yang dibagikan oleh situs Mydriver itu sekaligus memberikan gambaran fitur yang akan diboyong MIUI 14.

Screenshot itu menampilkan menu galeri MIUI 14 yang diperkaya dengan fitur pengenal teks. Fitur itu akan membantu pengguna menyalin teks dari sebuah dokumen.

Baca juga: Bocoran Awal Kehadiran MIUI 14, Meluncur Agustus 2022?

Bocoran fitur MIUI 14Mydriver Bocoran fitur MIUI 14

Ada pula fitur "On this day" yang akan menampilkan beragam foto lawas yang diambil pada hari tertentu.

Selain itu, MIUI 14 membawa dukungan Bluetooth LE Audio, yaitu teknologi teranyar dari audio nirkabel. Dukungan ini hadir dengan codec baru disertai sistem penyiaran Auracast, yang memungkinkan satu perangkat memutar audio dan didengarkan melalui beberapa headphone.

Berdasarkan screenshot yang beredar, MIUI 14 juga akan memiliki fitur Multi-Stream, yaitu fitur untuk mengalirkan audio ke dua earphone TWS sekaligus.

Baca juga: 5 Fitur Tersembunyi MIUI di HP Xiaomi, Sudah Pernah Coba?

Fitur lainnya yaitu perlindungan anti-fraud yang ditingkatkan khususnya pada aplikasi panggilan, pesan serta aplikasi yang dinilai mencurigakan. Tak ketinggalan, tampilan notifikasi MIUI 14 juga diperbarui, begitu pula dengan tampilan jamnya.

Bocoran fitur MIUI 14Mydriver Bocoran fitur MIUI 14

Dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Rabu (27/7/2022), MIUI 14 akan didasarkan pada sistem operasi Android 13. Adapun jadwal peluncurannya konon akan berlangsung pada Agustus mendatang. Meski demikian, Xiaomi belum angkat bicara terkait antarmuka penerus MIUI 13 itu.

MIUI 13.5 absen?

Mydriver dan Xiaomiui.net sepakat menyebutkan bahwa Xiaomi tidak akan lagi memperbarui MIUI 13.5. Alih-alih MIUI 13.5, keduanya berkata Xiaomi justru akan memperbarui antarmukanya dari MIUI 13, langsung ke MIUI 14.

Baca juga: Lock Screen Baru di iOS 16 Dianggap Jiplak MIUI Xiaomi

Namun informasi ini baru sekadar bocoran dan belum dikonfirmasi langsung oleh perusahaan asal China itu.

Jadwal rilis MIUI 14 konon berlangsung pada 16 Agustus mendatang, sekaligus menandai 12 tahun MIUI sejak pertama dirilis pada 2010.

Jadi, beberapa kalangan berasumsi MIUI 14 kemungkinan akan diumumkan oleh Xiaomi pada Agustus, meskipun perangkat yang mendukung antarmuka itu baru tersedia pada November 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.