Kompas.com - 27/07/2022, 14:30 WIB

KOMPAS.com - Hari ini, Rabu (27/7/2022) merupakan tenggat waktu terakhir (deadline) yang diberikan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kepada sejumlah Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat yang belum melakukan proses pendaftaran.

Rencananya, Kominfo akan melakukan pemutusan akses atau pemblokiran pada sejumlah PSE, atau mudahnya platform digital, apabila mereka tidak mendaftarkan diri pada pukul 23:59 WIB nanti malam.

Saat ini, masyarakat bisa melihat platform digital apa aja yang sudah mendaftar PSE ke Kominfo di situs web pse.kominfo.go.id.

Baca juga: Ancaman Blokir PSE Privat dan Penegakan Kedaulatan Digital

Menurut pihak Kominfo, informasi atau daftar PSE yang telah mendaftar di website tersebut akan diperbarui setiap harinya sekitar pukul 13.00 WIB atau 19.00 WIB.

Nah, pantauan KompasTekno di situs web PSE Kominfo di hari terakhir ini sekitar pukul 14.00 WIB, mayoritas PSE kategori game populer belum nampak, seperti Defense of The Ancients 2 (DoTA 2), Minecraft, Couter-Strike, serta platform streaming seperti Twitch dan Steam.

Daftar lebih lengkap platform game yang belum mendaftar bisa disimak di artikel di tautan berikut ini.

Meski demikian, game simulasi populer Roblox sudah terdaftar dalam daftar PSE Asing. Game tersebut ternyata sudah didaftarkan sejak 19 Juli 2022 lalu oleh Roblox Corporation.

Boleh jadi, Roblox baru dimasukkan ke dalam sistem atau website PSE beberapa hari belakangan ini. Pasalnya pada Jumat (22/7/2022) lalu, kami tidak menemukan nama Roblox dalam daftar PSE yang sudah mendaftar.

Selengkapnya, berikut daftar PSE seputar game yang saat ini belum tercantum di website PSE Kominfo per Rabu 27 Juni 2022:

  • DoTA 2
  • Clash of Clans
  • Minecraft
  • Counter-Strike
  • Origin
  • BattleNet
  • Epic Games
  • Steam
  • Twitch

Belum ada informasi kapan berbagai platform digital yang melibatkan game tersebut melakukan pendaftaran PSE. 

Baca juga: Daftar Game yang Terdaftar di PSE Kominfo, Ada PUBG Mobile, Mobile Legends, hingga Free Fire

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.