Kompas.com - 28/07/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Bocoran mengenai iPhone 14 kembali meramaikan dunia maya. Kali ini, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max dikabarkan bakal punya RAM yang lebih besar dan lebih kencang dari iPhone 13 series.

Menurut laporan media teknologi DigiTimes, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max akan dibekali RAM dengan kapasitas 6 GB. Kapasitas ini lebih besar dari iPhone 13 series yang memiliki RAM 4 GB.

Jenis RAM yang digunakan juga berbeda dari pendahulunya, yakni LPDDR5 bukan LPDDR4X seperti di iPhone 13 series.

Namun, untuk iPhone 14 versi reguler, seperti iPhone 14 dan iPhone 14 Plus, disebut masih tetap akan menggunakan memori jenis LPDDR4X tetapi dengan kapasitas 6 GB.

Baca juga: 2 Cara Nonton YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain di iPhone dengan Mudah

Artinya, iPhone 14 series diyakini bakal menggunakan RAM 6 GB di semua model.

Untuk mempermudah gambaran terkait penggunaan jenis RAM di iPhone 14 series, berikut adalah rincian bocoran spesifikasi RAM-nya.

  • iPhone 14 “reguler”: 6 GB RAM jenis LPDDR4X
  • iPhone 14 Max: 6 GB RAM jenis LPDDR4X
  • iPhone 14 Pro: 6 GB RAM jenis LPDDR5
  • iPhone 14 Pro Max: 6 GB RAM jenis LPDDR5

Bocoran tersebut mencuat setelah vendor memori Samsung Electronics, SK Hynix dan Micron Technology, melihat adanya peningkatan pesanan dari Apple karena berpindah ke kapasitas 6 GB untuk semua model.

SK Hynix sendiri adalah pemasok utama untuk seri iPhone 13 dan keluarga iPhone 12.

Ilustrasi kamera iPhone 13 Pro Max.TomsGuide Ilustrasi kamera iPhone 13 Pro Max.
Sesuai prediksi analis

Belum lama ini, analis kenamaan, Ming-Chi Kuo, juga pernah mengatakan hal serupa.

Kuo pernah menyatakan kalau iPhone 14 series bakal menggunakan RAM 6 GB untuk semua model. Konon, teruntuk model “Pro” diduga bakal menggunakan RAM dengan jenis LPDDR5.

Selain dari segi RAM, Apple pun diduga bakal melakukan peningkatan lain dari sektor hardware-nya, yakni menyematkan chip A16 Bionic di iPhone 14 versi Pro.

Baca juga: Apakah Boleh iPhone Dicas hingga Penuh 100 Persen?

Namun, iPhone 14 “reguler’ dan iPhone 14 Max (iPhone 14 Plus) bakal tetap menggunakan chip yang sama seperti iPhone 13, yaitu A15 Bionic, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5mac, Kamis (28/7/2022).

Jika prediksi tanggal peluncuran iPhone 14 series sesuai, yaitu pada 13 September mendatang, berarti tinggal dua bulan lagi menunggu peluncuran resmi dari pihak perusahaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber MacRumors


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.