Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/07/2022, 09:30 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada Kamis (21/7/2022) pekan lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan tambahan waktu selama lima hari kerja bagi platform digital yang belum melakukan pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Batas waktu yang diberikan untuk mendaftarkan diri tersebut terhitung pada Kamis (21/7/2022) sampai Rabu (27/7/2022) pukul 23.59 WIB.

Ketika itu, Kementerian Kominfo menegaskan akan memblokir platform digital atau PSE yang belum mendaftarkan diri sampai batas waktu tersebut.

"Per hari ini (Kamis 21 Juli) akan dikirimkan (surat peringatan), lalu diproses selama lima hari kerja. Kalau tidak (mendaftar juga), proses pemblokiran sudah mulai berjalan," kata Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika (Dirjen Aptika) Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, dalam konferensi pers online, Kamis pekan lalu.

Baca juga: Kominfo Beri Waktu 5 Hari bagi Platform Digital yang Belum Mendaftar atau Bakal Diblokir

Ia juga mengatakan bahwa surat teguran tersebut sudah dikirimkan kepada 100 platform digital yang memiliki trafik terbesar di Indonesia yang belum mendaftarkan diri.

Beberapa di antaranya adalah Roblox, Opera, LinkedIn, PayPal, Amazon.com, Alibaba.com, Yahoo, Bing, Steam, Dota 2, Epic Games, BattleNet, Origin, Counter-Strike, dan masih banyak lagi.

Namun, pantauan KompasTekno, Kamis (28/7/2022) pagi, platform digital yang belum terdaftar di halaman PSE masih bisa diakses seperti biasa. Hari ini sejatinya merupakan "hari blokir nasional" alias momen pemblokiran untuk semua platform digital "bandel" yang belum mematuhi aturan PSE Kominfo.

Baca juga: Mengapa Google dan Platform Digital Lain Tak Segera Daftar PSE?

Amazon, PayPal, Steam, hingga Minecraft masih bisa diakses

Situs Amazon.com, Alibaba.com, dan Paypal yang masih bisa diakses.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Situs Amazon.com, Alibaba.com, dan Paypal yang masih bisa diakses.

Penelusuran KompasTekno sekitar pukul 08.40 WIB pagi ini, PSE belum terdaftar seperti Amazon.com, Alibaba.com, hingga PayPal masih bisa diakses dengan lancar.

Baca juga: Hari Terakhir Daftar PSE: Wikipedia, Yahoo, Waze Belum Tampak, Bakal Diblokir?

Kami juga bisa menelusuri beragam menu di website tersebut, seperti menu masuk (login), halaman informasi, halaman berita, dan lain sebagainya.

Hal serupa juga kami rasakan di aplikasi distribusi game macam Steam, Epic Games, hingga BattleNet yang namanya belum muncul di halaman PSE Kominfo.

Ketika kami mengunduh aplikasi tersebut dan memasangnya di smartphone, kami masih bisa login, menggunakan fitur percakapan (chat), serta melihat game apa saja yang ditawarkan platform-platform tersebut.

Begitu juga di aneka macam aplikasi seperti Canva, LinkedIn, hingga Waze, serta beberapa game macam Counter-Strike, Minecraft, hingga Dota 2.

Baca juga: Besok, Kominfo Bakal Blokir Twitch, Steam, Dota, Counter-Strike, Minecraft dkk?

Aplikasi-aplikasi populer tersebut terpantau masih bisa diakses dengan normal meski tidak tercantum di situs PSE Kominfo.

Steam, Epic Games, dan BattleNet yang masih bisa diakses.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Steam, Epic Games, dan BattleNet yang masih bisa diakses.
Belum bisa dipastikan apakah hal ini disebabkan karena pemblokiran masih dalam proses Kominfo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com