Kompas.com - Diperbarui 29/07/2022, 07:42 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Batas akhir waktu pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat sebenarnya sudah berakhir sejak 20 Juli lalu.

Namun, karena masih banyak platform besar yang belum mendaftar, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberi perpanjangan waktu selama lima hari kerja terhitung 21 Juli 2022.

Google adalah salah satu platform besar mendaftarkan diri setelah batas waktu berakhir. Dirjen Aptika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, pada Kamis (21/7/2022) pekan lalu mengatakan bahwa Google sudah empat platform tambahan yakni YouTube, Search Engine google, Google Play Store, dan Google Maps. 

Google sendiri sebenarnya sudah mendaftarkan satu layanannya yaitu Google Cloud Indonesia sebelum periode pendaftaran PSE ditutup. Namun, hanya platform tersebut yang didaftarkan Google dan muncul di halaman PSE Kominfo.

"Kami barusan dapat kabar, Google mendaftarkan empat platform tambahan selain Google Cloud dan (Google) Ads-nya. Sekarang, mereka mendaftarkan YouTube, Search Engine, Play Store, dan Google Maps," kata Dirjen Aptika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan dalam konferensi pers yang digelar secara online, Kamis (21/7/2022) pekan lalu.

Baca juga: Google Akhirnya Daftar PSE Kominfo, YouTube dan Gmail Aman dari Pemblokiran

Kepada KompasTekno, perwakilan Google Indonesia juga mengonfirmasi pihaknya telah mendaftarkan dua entitas ke situs pse.kominfo.go.id.

"Betul, PT Google Indonesia dan PT Google Cloud Indonesia sudah berstatus terdaftar," ujar juru bicara Google Indonesia kepada KompasTekno, Kamis (21/7/2022) malam.

Bila Google benar-benar sudah mendaftar PSE, sedianya sejumlah layanan Google otomatis muncul pada laman PSE Kominfo. Sebab, data pada situs tersebut diklaim Kominfo terus diperbarui setiap harinya, khususnya pada pukul 13.00 WIB dan 19.00 WIB.

Namun pantauan KompasTekno di halaman pse.kominfo.go.id, hingga hari ini Kamis (28/7/2022), nama Google dan layanannya seperti Youtube, Google Search, Play Store serta Google Maps masih belum tampak.

Padahal, nama-nama platform lain yang terdaftar belakangan seperti Opera, sudah muncul di halaman tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.