Kompas.com - 28/07/2022, 14:30 WIB

KOMPAS.com - Uji coba tampilan baru dari Gmail yang menggunakan bahasa desain “Material You” sudah mulai digelontorkan Google sejak awal Juni lalu. Kini, tampilan baru tersebut sudah dirilis untuk semua pengguna Gmail versi web.

Pembaruan tampilan ini secara tidak langsung menggabungkan layanan Google lainnya, seperti Google Meet, Chat, dan Spaces ke Gmail. Dikarenakan ketiga layanan tersebut bakal langsung terintergrasi di tampilan Gmail yang baru.

Adapun tampilan baru ini juga sejalan janji Google, kalau nantinya para pengguna bakal melihat berbagai peningkatan fitur di Gmail, khususnya untuk pengguna tablet. Misalnya, tampilan emoji yang lebih baik, meningkatkan fitur aksesibilitas, dan sebagainya.

Baca juga: Google Mulai Gelontorkan Tampilan “Material You” untuk Gmail Versi Web

Teruntuk pengguna yang aktif menggunakan layanan Gmail, kemungkinan besar sudah melihat tampilan baru dari Gmail. Nah, bagi yang belum familiar, Gmail bakal hadir dengan gaya yang lebih minimalis dibanding sebelumnya.

Salah satu perubahan yang paling mencolok terletak pada palet warnanya. Material You yang dipakai Gmail mengombinasikan elemen antarmuka baru dari standar Material Design Google saat ini. Tampilannya tidak lagi berwarna putih, melainkan abu-abu muda.

Lewat Material You, sistem juga secara otomatis akan mengubah warna panel dari menu sesuai dengan warna dominan dari wallpaper atau tema yang digunakan. Berikut adalah contoh perbandingannya.

Foto pertama adalah Gmail versi lama, sedangkan foto kedua merupakan tampilan Gmail versi terbaru.

Tampilan Gmail versi lama (Sumber: Google)Google Tampilan Gmail versi lama (Sumber: Google)
Tampilan Gmail baru menggunakan Material You (Sumber: Google)Google Tampilan Gmail baru menggunakan Material You (Sumber: Google)

Selain dari warna, posisi navigasi untuk email, Chat, Spaces, dan Meet juga mengalami perubahan. Menu email, Chat, Spaces akan dipisah ke dalam satu panel yang terletak di sebelah kiri. Sebelumnya, menu tersebut digabung semua di dalam satu panel bersama email.

Baca juga: Mengapa E-mail Bisa Masuk ke Spam di Gmail? Ini 5 Penyebabnya

Jadi, jika pengguna mengeklik ikon “Mail”, menu utama dan tampilan yang ditunjukkan hanya berisikan pesan masuk saja. Lalu, bila lanjut mengeklik “Meet”, maka yang muncul adalah jadwal pertemuan daring yang bakal dilaksanakan.

Hal ini mengindikasikan kalau penambahan bilah navigasi di Gmail bertujuan untuk mempermudah pengguna agar lebih terarah menggunakan fitur-fitur yang tersedia di dalam Gmail.

Halaman:
Sumber The Verge


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.