Cara Menambah atau Menghapus Nomor Slide di Google Slides

Kompas.com - 28/07/2022, 19:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Google Slides merupakan alat presentasi berbasis web yang dikembangkan oleh Google untuk membuat dan berbagi file presentasi.

Jika Anda telah membuat presentasi dengan Google Slide, salah satu cara untuk membuat slide tetap rapi adalah dengan menambahkan nomor slide ke presentasi Anda.

Nomor slide membantu mengatur slide Anda, dan membantu audiens melacak presentasi. Di Google Slides, Anda dapat mengaktifkan nomor slide sehingga Google Slides secara otomatis memberi nomor pada setiap slide.

Selanjutnya, Anda dapat menyesuaikan nomor slide agar sesuai dengan tampilan yang diinginkan. Selengkapnya berikut ini cara menambah atau menghapus nomor slide di Google Slide.

Baca juga: Cara Menggunakan Fitur Animasi dan Transisi di Google Slides

Cara menambah nomor slide di Google Slides

cara menambahkan slides number di google slidesKompas.com/soffyaranti cara menambahkan slides number di google slides

Anda dapat menambahkan nomor slide ke presentasi Anda dengan beberapa klik di menu “Insert”.

  • Buka presentasi Anda di Google Slides
  • Masuk ke menu “Insert”
  • Pilih “Slide Number” dari bagian bawah menu
  • Nantinya sebuah kotak dialog akan muncul
  • Dalam kotak dialog, pilih “Apply” jika Anda ingin memberi nomor semua slide. Jika tidak, kembali ke Google Slide dan pilih slide yang ingin Anda beri nomor dan kembali ke Nomor slide untuk memilih “Apply to selected”

Jika Anda mencentang “Skip title slides”, slide yang memiliki pemformatan judul slide tidak akan diberi nomor. Slide judul biasanya merupakan slide pertama dalam presentasi Google Slide, dan umumnya menyertakan judul dan subjudul.

Baca juga: Cara Membuat Ukuran Google Slides menjadi Portrait

Cara menyesuaikan nomor slide di Google Slide

Setelah menambahkan nomor slide ke presentasi Anda, nomor ini akan muncul di sudut kanan bawah secara default. Nomor slide pada dasarnya adalah kotak teks, jadi semua penyesuaian yang dapat Anda terapkan ke teks, Anda dapat menerapkan ke nomor slide Anda.

  • Klik kanan pada nomor slide
  • Pilih “Opsi format”

Dalam opsi Format, Anda dapat mengubah posisi, sudut, dan tampilan nomor slide Anda. Misalnya, Anda dapat memberikan sudut dan juga menambahkan efek drop shadow. Sedangkan mengubah warna dan ukuran nomor slide dilakukan melalui toolbar.

  • Pilih nomor di dalam kotak nomor slide
  • Buka toolbar dan tambah ukuran font, atau ubah font

Anda dapat menambahkan lebih banyak model, seperti tebal, miring, atau perubahan warna melalui bilah alat.

Sayangnya, perubahan yang Anda buat pada nomor slide tidak akan mengubah angka di semua slide lainnya. Jika Anda ingin mendapatkan tampilan yang seragam, maka harus mengubah setiap nomor slide secara manual.

Baca juga: Cara Mengubah File PowerPoint ke Google Slides

Cara menghapus nomor slide di Google Slides

Jika Anda tidak ingin memiliki nomor slide di presentasi Anda, Anda dapat menghapusnya dengan cara yang sama seperti Anda menambahkannya. Berikut ini caranya:

  • Masuk ke menu “Insert”
  • Pilih “Slide Number”. Sebuah dialog akan terbuka.
  • Checklist menu “Off”
  • Klik “Apply”

Demikian cara menambah dan menghapus nomor slide di Google Slides. Semoga membantu. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.