Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Huawei MatePad Pro 11 Meluncur, Diklaim Tertipis dan Teringan di Dunia

Kompas.com - 29/07/2022, 08:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

KOMPAS.com - Huawei merilis tablet terbarunya, MatePad Pro 11 di acara “Huawei APC Smart Office Launch 2022” yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand, Rabu (27/7/2022).

Sebagai penerus tablet MatePad 11 yang diluncurkan pada Agustus 2021 lalu di Indonesia, MatePad Pro 11 membawa beberapa peningkatan.

Misalnya, Huawei MatePad Pro 11 diklaim sebagai tablet pertama dengan bobot teringan (449 gram) dan tertipis di dunia, dengan ketebalan hanya 5,9 mm.

Baca juga: Huawei Rilis Laptop MateBook D14 Versi Baru di Indonesia, Harga Lebih Murah

Meski iPad Pro 11 dan tablet flagship Samsung juga memiliki ketebalan serupa, namun keduanya masih kalah ringan dibanding Huawei MatePad Pro 11.

Spesifikasi MatePad Pro 11

Dari segi layar, Huawei MatePad Pro 11 memiliki layar OLED dengan resolusi 2560 x 1.600 piksel, refresh rate 120Hz, ratio layar 16:10, tinggat kecerahan maksimal mencapai 600 nits, dan kerapatan layarnya 274 PPI.

Masih di bagian layar, MatePad Pro 11 mempunyai kalibrasi warna yang sempurna dengan 1.440Hz Pulse-Width Modulation (PWM) Dimming. Tablet ini juga merupakan tablet pertama yang mengantongi sertifikat Full Care Display 3.0 terbaru dari TÜV Rheinland.

Di sektor fotografi, MatePad Pro 11 dibekali dua kamera belakang yang memiliki konfigurasi 13 MP sebagai kamera utama (f/1.8), dan kamera ultra-wide 8 MP (f/2.2). Sedangkan, untuk kamera selfie beresolusi 16 MP.

Pada bagian punggung tablet, Huawei merancang perangkatnya dengan sentuhan lapisan doff, agar perangkat tahan aus dan tidak mudah ternoda oleh sidik jadri.

Baca juga: Laptop Huawei MateBook D16 Sudah Bisa Dipesan di Indonesia, Harga Mulai Rp 14 Juta

Untuk segi hardware, terdapat dua varian chipset yang akan disematkan ke dalam tablet terbaru Huawei ini, yakni Snapdragon 888 (5 nm) dan Snapdragon 870 (7nm).

Huawei MatePad Pro 11Huawei Huawei MatePad Pro 11

Kedua chipset ini bakal dibekali teknologi graphene 3D dan vapor chamber untuk menjaga suhu perangkat tetap normal dan terhindar dari overheat.

Masing-masing chipset dipadukan dengan dua varian RAM (RAM 8/12 GB) dan tiga varian penyimpanan internal (128/256/512 GB memori).

MatePad Pro 11 menjalankan sistem operasi Harmony OS 3.0 buatan Huawei sendiri. Tablet ini juga tidak menjalankan sistem operasi Android, dan tidak ada layanan Google di dalamnya, seperti Gmail, Maps, YouTube, Play Store, dkk.

Baca juga: Setelah Huawei, Pemerintah AS Incar Honor untuk Di-blacklist

Harmony OS 3.0 yang dipasang di tablet ini memiliki beberapa peningkatan dari versi sebelumnya. Salah satu fiturnya bernama “Card Folder”.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menggabungkan widgets antara satu dan yang lain dan menumpuk seluruh widgets berukuran besar, guna untuk menghindari tampilan home screen yang berantakan.

Dihimpun dari GS Marena, Jumat (29/7/2022), Huawei juga melakukan perombakan tampilan antarmuka di tabletnya agar mempermudah penggunaan. Pengguna nantinya bakal bisa membuka dua aplikasi yang berbeda sekaligus di layar yang sama.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber gsmarena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com