Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab dan Cara Mengatasi Gagal Upload Foto KTP saat Daftar Prakerja

Kompas.com - 29/07/2022, 16:15 WIB

KOMPAS.com - Supaya bisa mengikuti Kartu Prakerja, masyarakat atau calon peserta yang memenuhi syarat tertentu wajib melakukan pendaftaran akun Prakerja terlebih dahulu di situs web “Prakerja.go.id”.

Sebagaimana umum diketahui, Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dari pemerintah kepada kelompok pencari kerja. Program ini diselenggarakan melalui beberapa gelombang.

Baca juga: Cara Mengatasi Lupa E-mail dan Password dari Akun Prakerja

Setelah daftar akun Prakerja di situs web “Prakerja.go.id”, calon peserta bisa mengikuti pendaftaran Kartu Prakerja sesuai dengan gelombang yang dibuka. Untuk periode 2022, tercatat telah terdapat 38 gelombang pendaftaran peserta Kartu Prakerja.

Bila telah daftar akun Prakerja dan dinyatakan lolos sebagai peserta Kartu Prakerja maka bantuan untuk mengikuti pelatihan kerja bakal diberikan. Proses untuk bisa mengikuti program Kartu Prakerja sejatinya tergolong mudah.

Kendati demikian, tak jarang dijumpai pula beberapa kendala, terutama saat pendaftaran akun Prakerja. Misalnya, kendala seperti gagal atau tidak bisa mengunggah (upload) foto KTP di situs web Prakerja.

Saat pendaftaran akun Prakerja, salah satu alur yang wajib dilakukan oleh calon peserta adalah verifikasi foto KTP. Alur verifikasi itu dilakukan dengan mengunggah foto KTP di Prakerja.

Namun, dalam beberapa kondisi tertentu, calon peserta mungkin bakal menjumpai masalah tidak bisa upload foto KTP di Prakerja. Saat menjumpai masalah ini, artinya file KTP yang diunggah calon peserta tidak dapat diterima oleh sistem Prakerja.

Lantas, kenapa tidak bisa upload foto KTP di prakerja? Secara umum, penyebab tidak bisa upload foto KTP di Prakerja adalah terdapat ketidaksesuaian dengan format yang diminta. Misalnya, foto KTP yang diunggah bukanlah e-KTP (KTP elektronik).

Kemudian, foto KTP terlalu gelap lantaran diambil dengan kondisi pencahayaan yang minim. Selain itu, penyebab tidak bisa upload foto KTP juga bisa ditimbulkan karena terdapat kerusakan pada e-KTP.

Dengan beberapa penyebab tersebut, lalu bagaimana cara mengatasi gagal upload foto KTP di Prakerja? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara mengatasi gagal upload foto KTP di Prakerja

Cara mengatasi gagal upload foto KTP di Prakerja

  • Pastikan foto KTP yang diunggah sudah berjenis e-KTP.
  • Pastikan menggunakan e-KTP asli (bukan fotokopi) atas nama sendiri.
  • Pastikan tidak terdapat kerusakan secara fisik pada e-KTP.
  • Ambil foto KTP dengan kamera di situs web Prakerja dalam kondisi pencahayaan yang cukup.
  • Foto KTP harus jelas, tidak boleh blur atau buram dan terpotong.
  • Jangan gunakan flash saat mengambil foto KTP.
  • Sesuaikan foto KTP dengan bingkai yang tersedia di Prakerja.
  • Bila menggunakan foto KTP yang berasal dari galeri ponsel, pastikan filenya berformat JPEG atau PNG dengan ukuran tidak lebih dari 2 MB.

Baca juga: Kenapa Akun Prakerja Diblokir? Ini 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Calon peserta sebenarnya punya kesempatan untuk mencoba unggah foto KTP sebanyak lima kali dalam satu hari. Agar tidak terus mengulang proses pengunggahan, pastikan telah mengikuti beberapa cara di atas, sebagaimana dilansir laman resmi Prakerja.

Demikianlah penjelasan seputar penyebab dan cara mengatasi gagal upload foto KTP di Prakerja, semoga bermanfaat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.