Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Bermacam Jaringan Komputer Berdasarkan Area Kerja

Kompas.com - 29/07/2022, 19:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Jaringan komputer adalah sistem yang menghubungkan banyak komputer independen untuk berbagi informasi (data) dan sumber daya.

Integrasi komputer dan perangkat lain yang berbeda memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan lebih mudah.

Jaringan komputer sendiri adalah kumpulan dari dua atau lebih sistem komputer yang dihubungkan bersama.  Jaringan komputer juga memiliki beberapa kategori. Mulai dari berdasarkan media komunikasi, media transmisi, dan berdasarkan area kerja.

Selengkapnya KompasTekno akan mengulas macam – macam jaringan komputer berdasarkan area kerja.

Baca juga: Pengertian Jaringan Komputer, Lengkap dengan Jenis dan Perbedaanya

Local Area Network (LAN)

Jaringan ini merupakan jaringan kecil seperti dalam suatu ruangan, gedung atau kampus yang mencakup wilayah beberapa kilometer saja. Local Area Network atau LAN sering kali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer dalam suatu perusahaan, supaya setiap bagian.

LAN mencakup area sekitar 10 kilometer. Misalnya, digunakan pada area perguruan tinggi atau jaringan kantor. 

Sebagian besar LAN terhubung ke Internet di titik pusat: router . LAN rumah sering menggunakan satu router, sementara LAN di ruang yang lebih besar dapat menggunakan switch jaringan.

LAN hampir selalu menggunakan Ethernet, WiFi, atau keduanya untuk menghubungkan perangkat di dalam jaringan.

Berbagai perangkat dapat terhubung ke LAN, termasuk server, komputer desktop, laptop, printer, perangkat IoT, dan bahkan konsol game. Di kantor, LAN sering digunakan untuk menyediakan akses bersama kepada karyawan internal ke printer atau server yang terhubung.

Baca juga: Pengertian LAN, MAN, WAN dan Perbedaannya

Metropolitan Area Network (MAN)

Jaringan ini merupakan jaringan LAN dengan ukuran yang lebih besar. Mencakup beberapa kilometer melebihi LAN. Metropolitan Area Network (MAN) sering kali digunakan untuk menghubungkan jaringan-jaringan komputer dalam suatu kota. Sebagai contoh: jaringan televisi kabel.

MAN terdiri dari LAN yang saling berhubungan. Kebanyakan MAN menggunakan kabel fiber optik untuk membentuk koneksi antar LAN. S

eringkali MAN akan berjalan pada "dark fiber" — kabel fiber optik yang sebelumnya tidak digunakan yang mampu membawa lalu lintas. Kabel fiber optik ini dapat disewa dari penyedia layanan Internet (ISP) sektor swasta.

Baca juga: Sering Disamakan, Ini Beda Jaringan 4G dan LTE

Wide Area Network (WAN)

Wide Are Network atau WAN merupakan jaringan yang lebih besar lagi dari MAN. Biasanya jaringan ini mencakup beberapa negara bahkan lintas benua. Misalnya, Internet yang  memungkinkan pengguna untuk mengakses sistem terdistribusi yang disebut www.

WAN menghubungkan perangkat penghubung seperti sakelar, router, atau modem. WAN biasanya dimiliki oleh perusahaan eksternal, seperti penyedia internet, perusahaan telepon, atau operator kabel.

Bisnis yang menggunakan WAN biasanya akan membayar biaya layanan, seperti tarif koneksi internet atau kabel. Secara teori perusahaan dapat memiliki WAN mereka sendiri, terutama organisasi yang lebih besar di mana mereka secara teratur berkomunikasi di beberapa cabang.

Namun, mengingat waktu dan uang yang diperlukan untuk menyiapkan, seringkali lebih mudah dan lebih murah untuk menggunakan penyedia layanan internet (ISP) atau yang serupa dan menggunakan teknologi WAN mereka dengan biaya tertentu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com