Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata “Ril No Fek” yang Tengah Ramai Dipakai di Twitter

Kompas.com - 30/07/2022, 19:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat berbagai jenis kata dalam bahasa gaul di Twitter yang kerap dipakai pengguna. Terbaru, bahasa gaul di Twitter yang mungkin tengah ramai digunakan saat ini adalah kata “Ril No Fek”.

Contoh penggunaan kata Ril No Fek salah satunya bisa dilihat lewat unggahan Tweet dari akun base dengan handle @collegemenfess, sebagaimana tertera pada cuplikan di bawah ini.

Baca juga: Arti Kata “Praying Circle” yang Tengah Ramai di Twitter

Pada unggahan Tweet yang telah disukai lebih dari 3.000 kali tersebut, kata Ril No Fek terlihat digunakan untuk mengomentari sesuatu hal yang disinyalir sebagai fakta mengenai persoalan kehidupan kuliah.

Kebiasaan penggunaan kata Ril No Fek untuk mengomentari hal yang dianggap sebagai fakta itu juga dapat dilihat melalui unggahan dari akun dengan handle @dailyabtbil, sebagaimana tertera di bawah ini.

Selain dari dua contoh di atas, masih banyak lagi kebiasaan penggunaan kata Ril No Fek dengan format semacam itu di Twitter. Sebagian dari Anda mungkin sudah sempat melihat kata Ril No Fek nongol di linimasa Twitter.

Baca juga: Siapa yang Sering Berinteraksi dengan Kita di Twitter? Ini Cara Ceknya

Arti Ril No Fek

Kendati mungkin telah melihatnya, namun tahukah apa itu Ril No Fek yang kini tengah ramai dipakai di Twitter? Untuk diketahui, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tidak dapat dijumpai penjelasan mengenai arti Ril No Fek.

Sementara itu, bila dilafalkan, Ril No Fek bisa dikatakan cukup mirip dengan bunyi dari kata dalam bahasa Inggris “Real No Fake”. Kemudian, jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, “Real No Fake” sendiri dapat berarti “Asli bukan palsu”.

Dilihat dari kebiasaan penggunaan, kata “Real No Fake” sejatinya telah dipakai di internet sejak 2012 melalui platform meme dan gambar bergerak GIF, dengan disertai karakter alien berwarna hijau bernama “Marcianito”.

Kala itu, pada Taringa Forums, sebuah situs web penyedia aplikasi bajakan, terdapat tautan unduhan yang disertai label bertuliskan "100% real, no fake" dengan GIF Marcianito.

Dikutip dari Know Your Meme, adapun maksud dari label dengan tulisan itu adalah untuk menegaskan bahwa aplikasi yang diunduh nantinya dapat berfungsi dengan baik saat diinstal.

Berdasar kebiasaan penggunaan tersebut, kata Ril No Fek sebagai pelesetan dari “Real No Fake”, bisa juga memiliki arti seperti “asli banget” atau “100 persen asli”.

Baca juga: Arti Kata “She’s a 10 but” yang Tengah Ramai di Twitter

Dengan demikian, bila disesuaikan dengan kebiasaan penggunaan di Twitter, arti Ril No Fek adalah ungkapan untuk menegaskan keaslian atau kebenaran dari sebuah peristiwa tertentu.

Itulah penjelasan seputar arti Ril No Fek yang kini tampaknya tengah ramai digunakan di Twitter, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com