Google Maps Luncurkan Fitur Immersive View dan Notifikasi Berbagi Lokasi

Kompas.com - 31/07/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Google Maps merilis tiga fitur barunya, yakni notifikasi berbagi lokasi (share location), rute bersepeda yang lebih detail, dan mode Immersive View.

Ketiga fitur tersebut memungkinkan pengguna mendapat pengalaman yang lebih baru dibanding sebelumnya. Misalnya, mampu melihat sebuah lokasi dengan tampilan lebih “nyata”, mendapat notifikasi keberangkatan dan kedatangan kerabat di dalam aplikasi, dan sebagainya.

Mode Immersive View merupakan gabungan dari fitur Street View, satelit, dan gambar udara yang sudah ada di Google Maps selama ini. Untuk mempermudah gambaran, mode Immersive View ini mirip seperti mode Street View.

Baca juga: Google Maps Pamerkan Mode Immersive View untuk Menjelajah Virtual

Namun, pengguna bisa melihat lanskap lokasi yang lebih "nyata" melalui tampilan tiga dimensi.

“Dengan mode Immersive View, Anda serasa berada di sana sebelum Anda menginjakkan kaki,” ujar VP Google Maps Miriam Daniel, dalam sebuah unggahan di laman resmi Google pada Mei lalu.

“Jadi, ketika Anda ingin berpergian ke suatu tempat baru atau menjelajahi tempat-tempat bagus tersembunyi (hidden gem), mode ini akan membantu Anda membuat keputusan paling tepat sebelum Anda pergi,” tambah Daniel.

Tangkapan layar dari interior kafe di wilayah London dengan mode Immersive View pada Google Maps.Blog Google Tangkapan layar dari interior kafe di wilayah London dengan mode Immersive View pada Google Maps.
Fitur berikutnya adalah navigasi rute bersepeda yang lebih rinci. Di fitur tersebut Google Maps bakal menampilkan belokan-belokan jalan bersepeda yang mungkin bakal ditemukan para pesepeda.

TIdak hanya itu, terdapat juga fitur untuk mengukur ketinggian dan berbagi lokasi sepeda di sepanjang jalan. Penambahan fitur ini memang difokuskan kepada para pesepeda, sehingga bisa membantu mereka terhindar dari lalu lintas mobil yang padat.

Baca juga: Cara Cari Longitude dan Latitude di Google Maps buat Isi Data Alamat

Para peseda nantinya akan diberi tahu rintangan apa saja yang bakal di temui di jalan, seperti jalanan curam, bukit, tangga, dan sebagainya.

Lanjut ke fitur terakhir, yakni fitur berbagi lokasi (share location) memungkinkan pengguna berbagi lokasi dalam bentuk tautan (link), secara langsung kepada kerabat/keluarga dalam waktu tertentu.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber TechCrunch
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.