Kompas.com - 01/08/2022, 09:02 WIB

KOMPAS.com - Selama beberapa tahun belakangan, ponsel flagship Samsung Galaxy S Series selalu hadir dalam dua varian chipset.

Kedua chipset tersebut adalah chipset flagship Exynos buatan Samsung, atau chipset flagship Snapdragon buatan Qualcomm.

Galaxy S22 Series untuk wilayah Eropa, misalnya, ditenagai dengan chipset Exynos 2200, sedangkan Galaxy S22 Series di luar wilayah Eropa dibekali dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1.

Nah, tahun depan, smartphone premium Samsung di seri Galaxy S, yang kemungkinan bakal bernama Galaxy S23 Series, disinyalir hanya akan hadir dengan chipset buatan Qualcomm saja.

Baca juga: Tradisi Exynos Bakal Berakhir di Samsung Galaxy S23?

Hal ini mencuat setelah CEO Qualcomm Cristiano Amon mengumbar bahwa chipset Snapdragon 8 Gen 1 membekali kurang lebih 75 persen dari seluruh unit Galaxy S22 Series yang ada di dunia.

Ia sebenarnya tak menjelaskan secara gamblang bahwa seluruh model Galaxy S23 Series bakal ditenagai eksklusif dengan chipset flagship terbaru mereka, yang konon bakal bernama Snapdragon 8 Gen 2.

Namun, ia memberikan "kode" bahwa angka 75 persen tadi mungkin bakal meningkat pada Galaxy S23 Series. Artinya, ada kemungkinan bahwa 75-100 persen model Galaxy S23 Series di seluruh dunia akan menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2. 

"Saat ini, chipset kami ada di 75 persen total unit Galaxy S22 Series. Anda mungkin berpikir bahwa angka tersebut bisa saja bakal meningkat di masa depan di Galaxy S23 Series dan ponsel Galaxy S Series generasi selanjutnya," tutur Amon, dikutip KompasTekno dari GSMArena, Senin (31/7/2022).

Amon menambahkan bahwa kerja sama Samsung dan Qualcomm, yang diperpanjang hingga 2030 mendatang, saat ini sudah terjalin di luar segmen smartphone. Di antaranya mencakup segmen tablet, PC, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Riset Counterpoint: MediaTek Masih Ungguli Qualcomm di Pasar Chip Global

Dengan kata lain, komponen atau produk Qualcomm pastinya akan hadir di beberapa produk Samsung hingga kurang lebih delapan tahun mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber GSM Arena


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.