Kompas.com - 01/08/2022, 11:30 WIB

KOMPAS.com - Pada Sabtu (30/7/2022) lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) resmi memblokir sejumlah platform distribusi game populer, seperti Steam, Epic Games, dan Origin di Indonesia.

Selain itu, Kominfo juga turut memblokir sejumlah game yang tercantum di ketiga platform tersebut, macam Counter Strike, Dota, Fortnite, GTA V (online), Apex Legends, The Sims 4 (online), dan masih banyak lagi. 

Langkah pemblokiran ini dilakukan lantaran berbagai platform digital tersebut dinyatakan belum melakukan pendaftaran selaku Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat di situs Kemenkominfo.

Dengan pemblokiran ini, maka pemain game (gamer) di Tanah Air tak bisa mengakses situs serta platform digital atau game yang disebutkan di atas mulai Sabtu kemarin, dan bahkan hingga Senin (1/8/2022) pagi ini.

Baca juga: Media Asing Soroti Pemblokiran Steam, Paypal, dkk oleh Kominfo di Indonesia

Meski demikian, Kominfo memastikan bahwa blokir terhadap Steam, Counter Strike, dan Dota 2 bakal dibuka dalam waktu dekat.

Hal ini disampaikan Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, Semuel A. Pangerapan. Menurut Semmy, pihaknya tengah berkomunikasi dengan ketiga platform digital yang berada dalam naungan Valve Corporation tersebut terkait pendaftaran PSE.

"Kami sudah berhasil menghubungi Steam, Dota, dan Counter Strike, ada korespondensi. Mereka mengatakan sedang memproses (pendaftaran PSE). Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini akan melengkapi dan dalam waktu dekat masyarakat bisa menggunakan kembali," kata pria yang akrab disapa Semmy ini dalam konferensi pers, Minggu (31/7/2022) kemarin.

Semmy tidak menyebutkan kapan Steam, Dota, dan Counter Strike bisa kembali diakses. Namun, ia memastikan bahwa pemblokiran terhadap ketiga platform digital ini akan dicabut apabila proses pendaftaran PSE ketiganya rampung.

Baca juga: 6 Aplikasi dan Situs yang Diblokir Kominfo per 1 Agustus 2022

"Kami berkomunikasi lewat e-mail. Jadi mohon maaf kepada teman-teman yang main game, sementara waktu ini masih ada kendala. Tapi mereka sedang melengkapi dan berkomitmen untuk mendaftar," imbuh Semuel.

Diblokir setelah dikirimi surat

Dirjen Aptika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan hadir di Gedung Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (19/7/2022).KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Dirjen Aptika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan hadir di Gedung Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (19/7/2022).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.