Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meta Sudah Habiskan Rp 14 Triliun untuk Bangun Metaverse, Namun Belum Jelas

Kompas.com - 01/08/2022, 16:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber PC Gamer

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi Meta Platform Inc. (Meta) dilaporkan telah menghabiskan dana 1 miliar dollar AS (Rp 14,8 triliun) tahun ini guna membuat metaverse menjadi kenyataan.

Meta sendiri mengungkapkan dana tersebut di antaranya digunakan untuk membuat ekosistem metaverse, seperti membuat perangkat produk Augmented Reality (AR) dan Virtal Reality (VR) milik perusahaan.

Padahal, ekosistem metaverse Meta diprediksi butuh waktu yang masih lama. Executive Producer Meta, Ruth Bram mengatakan kalau Meta ingin benar-benar mewujudkan metaverse, maka dibutuhkan waktu sekitar satu dekade atau 10 tahun.

Waktu tersebut bakal dipakai untuk mengembangkan perangkat lunak (software) dan keras (hardware), guna mendukung dunia virtual yang baru, yang digadang-gang menjadi generasi berikut dari internet.

Baca juga: Pendapatan Meta Turun untuk Pertama Kalinya, Reels Instagram Jadi Salah Satu Penyebabnya

"Masih banyak yang harus dikerjakan, baik dari aspek hardware maupun software. Dan mungkin perlu waktu lima hingga sepuluh tahun untuk mewujudkannya sepenuhnya," kata Bram dikutip KompasTekno dari CNBC, Senin (1/8/2022).

Dana yang digelontorkan Meta sendiri beberapa di antaranya digunakan untuk membuat perangkat ekosistem metaverse, seperti headset VR.

Masih merugi

Meski telah menggelontorkan dana besar-besaran, divisi terpenting yang bertanggung jawab atas produksi barang VR dan AR Meta, yaitu Divisi Reality Labs Meta, tercatat mengalami kerugian yang cukup besar.

Sebagaimana dihimpun dari PC Gamer, Senin (1/8/2022), divisi tersebut merugi 10 miliar dollar AS (Rp 148,7 triliun) pada 2021 lalu, dan selama enam bulan terakhir ini, kerugiannya tercatat lebih dari 6 miliar dollar AS (Rp 89,2 triliun).

VR Oculus Quest 2 buatan Facebook.Oculus VR Oculus Quest 2 buatan Facebook.

Tidak sampai di sana, laporan keuangan Meta pada kuartal II-2022 juga tercatat mengalami penurunan untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Di dalam laporan tertulis kalau total pendapatan Meta berada di angka 28,8 miliar dollar AS (berkisar Rp 430,4 triliun), telah turun 1 persen dari periode yang sama di 2021 lalu yang sebesar 29 miliar dollar AS (sekitar Rp 433,4 triliun).

Sejauh ini, terdapat beberapa alasan yang berkaitan dengan kemerosotan pendapatan Meta, seperti fitur Reels yang belum bisa dimaksimalkan sepenuhnya, atau kebijakan Apple yang menghambat Meta melacak kebiasaan penelusuran pengguna internet, dan sebagainya.

Menurut laporan PC Gamer, hal yang justru harus disorot saat ini bukanlah penurunan pendapatan, atau kerugian yang dialami Divisi Reality Labs, melainkan biaya produksi dari AR dan VR milik perusahaan.

Baca juga: Mark Zuckerberg Pamer Kacamata VR untuk Metaverse

Keuntungan dari produk headset VR Quest 2 tersebut masih belum diketahui dengan jelas. Memang, headset tersebut merupakan produk VR yang memupuni untuk bermain game, tetapi hal tersebut dianggap "kurang relevan".

Harga headset VR Meta juga mengalami kenaikan. Oculus Quest 2 misalnya, yang diluncurkan pada September 2020 lalu. Meski headset tersebut sudah berusia satu tahun, Meta menaikkan harga jualnya 100 dollar AS (Rp 1,48 juta) lebih mahal.

Rincian harganya untuk headset model 128 GB naik dari 299 dollar AS menjadi 399 dollar AS, sedangkan model 256 GB naik dari 399 dollar AS menjadi 499 dolar AS.

Tidak diketahui apakah kenaikan harga tersebut dilakukan untuk menutup pengeluaran Meta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PC Gamer
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com