BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

5 Hal Menarik tentang MariSilicon X, NPU Canggih di Oppo Reno8 Pro 5G

Kompas.com - 01/08/2022, 17:03 WIB

KOMPAS.com – Sebagai brand hi-tech, Oppo tidak berhenti berinovasi demi mewujudkan komitmennya dalam menghasilkan produk terbaik. Salah satunya dengan meluncurkan neural processing unit (NPU) pertamanya, yaitu MariSilicon X.

MariSilicon X dibuat dengan tujuan untuk membantu pengolahan pencitraan pada perangkat smartphone Oppo menjadi jauh lebih baik dan lebih cepat, tetapi tetap irit daya.

Adapun perangkat smartphone Oppo yang telah disematkan NPU tersebut adalah Oppo Find X5 Pro. Selain ponsel ini, MariSilicon X juga dipasang pada perangkat terbarunya, yaitu Reno8 Pro 5G.

Hal tersebut terungkap dalam unggahan video pada akun resmi media sosial Oppo Indonesia. Video ini memberi teaser potongan kamera Reno8 Pro 5G dengan tulisan “Powered by MariSilicon”.

Baca juga: Mengenal MariSilicon X di Oppo Find X5 Pro 5G, Chipset yang Tawarkan Era Baru Fotografi dan Videografi Malam

Public Relation Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto pun membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan bahwa NPU premium MariSilicon X sebelumnya memang dikhususkan hanya untuk perangkat flagship, yakni Oppo Find X5 Pro 5G.

“Namun, dengan komitmen dan semangat Oppo untuk dapat menyajikan teknologi terbarunya ke berbagai kelas smartphone agar dapat dinikmati oleh semua orang, MariSilicon X akan disematkan juga pada perangkat Reno8 Pro 5G yang sebentar lagi akan diperkenalkan resmi di Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (1/8/2022).

Berikut adalah lima hal menarik tentang MariSilicon X yang disematkan Oppo pada perangkat Oppo Reno8 Pro 5G besutannya.

1. Pemrosesan pencitraan lebih cepat

NPU merupakan bagian yang tak terpisahkan dari central processing unit (CPU) dan graphic proseccing unit (GPU). Kedua komponen tersebut umumnya menjadi kesatuan yang disebut sebagai system-on-a-chip (SoC).

Baca juga: Oppo Find X5 Pro Resmi Meluncur dengan Prosesor Gambar MariSilicon X

Biasanya, para pengembang chipset akan menambahkan random access memory (RAM) double data rate synchronous dynamic (DDR) bandwidth untuk mendukung kinerja sebuah SoC. Penambahan RAM dapat membuat pengolahan gambar berlangsung lebih lama dan boros daya.

Meski demikian, kehadiran MariSilicon X dapat membantu pemrosesan pencitraan berlangsung lebih cepat pada smartphone Oppo. Pasalnya, tim pengembang Oppo menyematkan RAM Extra DDR Bandwidth Dedicated dengan kecepatan transmisi data hingga 8,5 gigabita per detik (Gbps) yang dibuat eksklusif untuk chipset MariSilicon X.

Oppo mengklaim bahwa arsitektur memori multi-tier yang tertanam di dalam MariSilicon X itu mampu meminimalisasi delay dan mengurangi konsumsi daya.

Hasil foto menggunakan kamera smartphone yang telah disematkan NPU MariSilicon X. (Dok. Oppo)

Dok. Oppo Hasil foto menggunakan kamera smartphone yang telah disematkan NPU MariSilicon X. (Dok. Oppo)

2. Penghematan daya

NPU MariSilicon X diciptakan Oppo dengan berfokus pada optimalisasi manajemen daya dan beban kerja komputasi kecerdasan buatan. Pasalnya, proses menghasilkan sebuah gambar pada smartphone kerap menimbulkan permasalahan daya.

NPU MariSilicon X diklaim mampu melakukan pemrosesan hingga 18 triliun operasi per detik (TOPS) yang disertai efisiensi daya mencapai 11,6 TOPS per watt.

Baca juga: Oppo Ungkap Prosesor Gambar Marisilicon X untuk Kamera Ponsel

Dengan demikian, MariSilicon X dapat menghasilkan kinerja cepat tanpa menguras daya baterai yang besar.

3. Menghadirkan foto dengan kualitas mumpuni

Penggunaan NPU MariSilicon X pada perangkat smartphone Oppo berpengaruh terhadap foto yang dihasilkan. Chipset ini dilengkapi teknologi ISP terbaru yang memungkinkan kamera smartphone menangkap gambar dengan dynamic range empat kali lebih tinggi ketimbang Oppo Find X3 Pro.

ISP yang digunakan pun didukung teknologi ultra high dynamic range serta mampu memberikan rasio kontras 1.000.000:1 pada area gambar yang paling terang dan tergelap.

Pengguna pun tak perlu khawatir saat mengambil obyek foto atau video di depan sumber cahaya kuat. Sebab, teknologi ultra high dynamic akan tetap memberikan struktur wajah yang jelas dengan warna alami.

NPU MariSilicon X juga memberikan hasil foto yang mumpuni dan lebih realistis. Ini berkat peningkatan mode RGBW yang menghadirkan tekstur 1,7 kali lebih kelas dan kecepatan pemrosesan file mentah dua kali lebih cepat.

Penggunaan MariSilicon X juga memengaruhi hasil potret malam hari atau kondisi minim cahaya. Dengan algoritma RAW terbaru, chipset ini dapat melakukan pengurangan noise melalui kecerdasan buatan pada masing-masing saluran warna RGB.

4. Mengurangi bintik foto

Masih berkaitan dengan fotografi, Oppo Research Institute juga menyematkan algoritma advanced artificial intelligence noise reduction (AINR) pada MariSilicon X. Algoritma ini mampu mendeteksi dan mengurangi bintik foto (noise) pada setiap frame, serta memproses gambar secara piksel per piksel.

Baca juga: Jajal Fitur Kamera Oppo Find X5 Pro 5G, Renatta Moeloek Dibuat Terpukau

Selain itu, AINR juga dapat meningkatkan kinerja prosesor dalam mengurangi noise hingga 20 kali lebih cepat.

5. Hasil video malam lebih tajam

Selain pada foto, NPU MariSilicon X juga dapat menghasilkan video 4K dengan kualitas terbaik layaknya kamera profesional hanya menggunakan smartphone.

Pengguna smartphone yang telah menggunakan chipset MariSilicon X dapat mengambil video dengan jelas dan penuh detail pada malam hari atau kondisi minim cahaya.

Chipset besutan Oppo tersebut dapat memaksimalkan fitur real-time pengolahan fail RAW dan menampilkan video 4K 20 kali lebih cepat.

Penambahan fitur 4K Ultra Bight Video, Ultra Dark Video, serta Ultra Night Pro pada smartphone flagship dari Oppo juga membuat pengguna mampu menangkap detail video pada malam hari yang lebih realistis tanpa efek berlebihan serta pencahayaan menakjubkan.

 Oppo Reno8 Pro 5G dengan NPU MariSilicon X. Dok. Oppo Oppo Reno8 Pro 5G dengan NPU MariSilicon X.

Itulah lima hal menarik yang akan didapatkan pengguna saat menggunakan smartphone Oppo yang sudah disematkan NPU MariSilicon X, termasuk Oppo Reno8 Pro 5G.

Keberadaan NPU tersebut juga menegaskan posisi seri Reno8 yang memiliki keunggulan pada sisi kamera. Sebagai informasi, melalui lini Reno, Oppo seri Reno selalu menghadirkan fitur kamera dan desain perangkat terdepan, serta menerapkan teknologi mutakhir.

Bahkan, beberapa di seri Reno menjadi ponsel pertama di industri smartphone yang menerapkan sejumlah teknologi terkini, seperti teknologi 10x hybrid zoom pada Oppo Reno 10x Zoom, teknologi ultra steady video pada Oppo Reno2, dan penyematan algoritma AI ke dalam sensor pengembangan bersama IMX 709 pada Oppo Reno7.

Baca juga: Desain Oppo Reno8 Beredar, Mirip OnePlus 10 Pro?

Dari bocoran video di akun Instagram Oppo Indonesia diketahui bahwa Oppo Reno8 Pro 5G akan dilengkapi berbagai fitur kamera dengan kemampuan perekaman malam hari yang lebih baik. Akhir video teaser itu kembali menegaskan signature Oppo sebagai “The Portrait Expert”.

Hal tersebut menandakan bahwa smartphone Oppo Reno8 Pro 5G akan menitikberatkan kemampuan potret, terutama pada malam hari atau kondisi minim cahaya.

Sebagai informasi, melalui beberapa unggahan di Instagram resmi Oppo Indonesia, dapat dipastikan bahwa Oppo Reno8 Pro 5G akan diperkenalkan pada Agustus 2022.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

[POPULER TEKNO] Misteri Kematian 3 Bos Kripto | Penampakan Ponsel Lipat Oppo Find N2 Flip | Adu Spesifikasi Xiaomi 12T Vs Xiaomi 11T

[POPULER TEKNO] Misteri Kematian 3 Bos Kripto | Penampakan Ponsel Lipat Oppo Find N2 Flip | Adu Spesifikasi Xiaomi 12T Vs Xiaomi 11T

Internet
Link Download Twibbon Hari Penerbangan Sipil Internasional 2022 dan Cara Pakainya

Link Download Twibbon Hari Penerbangan Sipil Internasional 2022 dan Cara Pakainya

Internet
Cara Mengatur Format Teks di Microsoft Word

Cara Mengatur Format Teks di Microsoft Word

Software
Cara Mengatur Format Jam di Microsoft Excel

Cara Mengatur Format Jam di Microsoft Excel

Software
Daftar Harga HP Xiaomi Terbaru Desember 2022, Diskon Hingga Rp 250.000

Daftar Harga HP Xiaomi Terbaru Desember 2022, Diskon Hingga Rp 250.000

Gadget
Penampakan Ponsel Lipat Oppo Find N2 Flip, Mirip Galaxy Z Flip

Penampakan Ponsel Lipat Oppo Find N2 Flip, Mirip Galaxy Z Flip

Gadget
Kominfo Tata Ulang Frekuensi 2,1 GHz yang Dilelang ke Telkomsel

Kominfo Tata Ulang Frekuensi 2,1 GHz yang Dilelang ke Telkomsel

e-Business
Twitter Dibanjiri Ujaran Kebencian Sejak Ada Elon Musk

Twitter Dibanjiri Ujaran Kebencian Sejak Ada Elon Musk

Software
Link Tes Seberapa Menyenangkan Diri Anda yang Ramai di Twitter, Sudah Coba?

Link Tes Seberapa Menyenangkan Diri Anda yang Ramai di Twitter, Sudah Coba?

Internet
Persebaran Ransomware Naik 180 Persen, Target Utamanya Pengguna Windows

Persebaran Ransomware Naik 180 Persen, Target Utamanya Pengguna Windows

Internet
Viral di Medsos, Ini Link dan Cara Menggunakan ChatGPT buat Jawab Aneka Pertanyaan

Viral di Medsos, Ini Link dan Cara Menggunakan ChatGPT buat Jawab Aneka Pertanyaan

Internet
Xiaomi Bakal Rilis PC Desktop Pesaing Mac Mini?

Xiaomi Bakal Rilis PC Desktop Pesaing Mac Mini?

Hardware
Telkomsel Rezeki Sakti, Beli Paket Internet Bonus Voucher Gopay, Shopee, dll

Telkomsel Rezeki Sakti, Beli Paket Internet Bonus Voucher Gopay, Shopee, dll

e-Business
Apa Itu Zenly, Aplikasi yang Mau Ditutup Saat Tengah Naik Daun?

Apa Itu Zenly, Aplikasi yang Mau Ditutup Saat Tengah Naik Daun?

Software
Samsung Sebar OneUI 5 untuk Galaxy A13 5G, Galaxy A51 5G, dan XCover 5

Samsung Sebar OneUI 5 untuk Galaxy A13 5G, Galaxy A51 5G, dan XCover 5

Software
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.