Cara MariSilicon X di HP Oppo Bikin Hasil Foto/Video Makin Cantik

Kompas.com - 01/08/2022, 17:30 WIB

KOMPAS.com - Pada ajang Inno Day 2021 yang digelar pada Desember 2021 lalu, Oppo memperkenalkan chip terbarunya yang bernama MariSilicon X. Sebenarnya, apa itu MariSilicon X yang dipasang di HP Oppo terbaru?

Apa itu MariSilicon X

MariSilicon X merupakan chip kecerdasan buatan (Neural Processing Unit/NPU) pertama Oppo yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas foto dan video, terutama di kondisi malam hari, pada perangkat yang menggunakannya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, NPU yang dirancang dengan fabrikasi 6 nanometer (nm) ini dikombinasikan dengan Image Signal Processor (ISP) dan arsitektur multi-tier memory dalam satu chipset.

Baca juga: Oppo Ungkap Prosesor Gambar Marisilicon X untuk Kamera Ponsel

Kombinasi tersebut memungkinkan MariSilicon X mampu melakukan pemrosesan hingga 18 triliun operasi per detik (TOPS) yang disertai efisiensi daya mencapai 11,6 TOPS per watt.

Dengan kata lain, Marisilicon X dapat menghasilkan kinerja cepat tanpa menguras daya baterai yang besar.

Ada pula algoritma artificial intelligence (AI) AI Noise Reduction yang diklaim mampu meningkatkan kinerja prosesor dalam mengurangi bintik foto, bahkan hingga 20 kali lebih cepat dibandingkan dengan chip NPU yang dipakai Oppo Find X3 Pro.

Di atas kertas, MariSilicon X dibekali dengan RAM berteknologi double data rate synchronous dynamic (DDRS) dengan tingkat maksimum transfer data alias bandwidth hingga 8,5 Gbps.

Dengan bandwidth sebesar itu, Oppo mengeklaim bahwa MariSilicon X dapat meminimalisasi delay, begitu juga mengurangi konsumsi daya yang disebabkan oleh siklus baca-tulis alias pemrosesan di dalam memori yang tidak diperlukan.

Hadir di Oppo Find X5 Pro dan Oppo Reno8 Series

Susunan komponen pada chip Marisilicon X.Oppo Susunan komponen pada chip Marisilicon X.

Saat ini, MariSilicon X disematkan di ponsel flagship Oppo Find X5 Pro dan Oppo Reno8 Series. Pada Oppo Find X5 Pro, MariSilicon X dikombinasikan dengan beragam teknologi bikinan pabrikan kamera kenamaan asal Swedia, Hasselblad.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.