Kompas.com - 02/08/2022, 11:30 WIB

KOMPAS.com - Vivo menambahkan lini smartphone flagshipnya di Indonesia. Vivo X80 Pro meluncur di Indonesia 26 Juli lalu, menjadi penerus Vivo X70 Pro yang meluncur di Tanah Air pada April 2021.

Dengan banderol harga Rp 16 juta, Vivo X80 Pro mengunggulkan sektor kameranya, lantaran telah mengadopsi lensa kamera bikinan pabrikan optik asal Jerman, Zeiss.

Nilai jual lain yang ditawarkan Vivo X80 Pro juga terletak pada komponen chip-nya yang telah memadukan Snapdragon 8 Gen 1 dan chip tambahan Vivo V1+ untuk meningkatkan kerja imaging system.

Baca juga: Beda Spesifikasi Vivo X80 Pro dan Oppo Find X5 Pro dengan Selisih Harga Rp 1 Juta

Selain dari aspek spesifikasi, Vivo X80 Pro juga memiliki sejumlah upgrade dari segi tampilan. KompasTekno berkesempatan melihat lebih dekat wujud Vivo X80 Pro dari segala sisi, berikut spesifikasi dan fitur yang dibawa.

Unboxing Vivo X80 Pro

Kotak kemasan Vivo X80 Pro berisi pengisi daya FlashCharge 80 Watt, kabel USB A ke USB C, earphone dengan konektor USB Type C, dua pasang eartips cadangan, hard-case, SIM card ejector tool, serta buku petunjuk dan kartu garansi.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Kotak kemasan Vivo X80 Pro berisi pengisi daya FlashCharge 80 Watt, kabel USB A ke USB C, earphone dengan konektor USB Type C, dua pasang eartips cadangan, hard-case, SIM card ejector tool, serta buku petunjuk dan kartu garansi.

Serupa dengan pendahulunya, Vivo X80 Pro dikemas dalam kotak kemasan persegi berwarna hitam yang terkesan mewah.

Di bagian depan kotak kemasan, terpampang dengan jelas nama model smartphone dan logo biru khas Zeiss.

Sedangkan di sisi bawah kotak kemasan memuat detail spesifikasi, seperti keterangan varian warna dan memori Vivo X80 Pro, nama pabrikan, nomor postel, dan informasi lain.

Aksesori yang disertakan di dalam kotak kemasan smartphone ini terbilang lengkap. Terdapat pengisi daya FlashCharge 80 Watt, kabel USB A ke USB C, earphone dengan konektor USB Type C, serta dua pasang eartips cadangan dengan ukuran berbeda.

Untuk melindungi bodi ponsel, Vivo turut menyertakan sebuah hard-case berwarna hitam yang terlihat cocok ketika dikenakan pada bagian punggung smartphone.

Pembeli Vivo X80 Pro juga akan mendapati SIMcard ejector tool, serta buku petunjuk dan kartu garansi.

Hands-on Vivo X80 Pro

Tampilan depan Vivo X80 Pro.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama. Tampilan depan Vivo X80 Pro.

Kesan pertama yang terlintas ketika melihat Vivo X80 Pro adalah bodinya yang cukup besar. Smartphone ini dibekali dengan ukuran layar yang lebih luas dibandingkan kebanyakan smartphone pada umumnya, yakni 6,78 inci.

Baca juga: Vivo X80 Vs Samsung Galaxy S22, Sama-sama Dibanderol Rp 12 Juta Mending Mana?

Layar Vivo X80 Pro dirancang dengan desain yang melengkung (curved) di sisi kanan dan kiri, sehingga terlihat lebih elegan dari sisi samping, serta memberi kesan bezel yang tipis.

Di atas kertas, Vivo X80 Pro memiliki panel layar AMOLED Display yang mampu mendukung resolusi WQHD Plus dan sensor keamanan sidik jari di bawah permukaan layar.

Layar Vivo X80 Pro mendukung refresh rate hingga 120 Hz. Pengguna dapat memilih tiga opsi refresh rate yang tersedia, yakni 60 Hz, 120 Hz dan Smart Switch.

Semakin tinggi opsi refresh rate yang dipilih, maka semakin mulus pula pergerakan yang akan ditampilkan pada layar.

Dengan kombinasi ukuran layar yang luas dan refresh rate 120 Hz, Vivo X80 Pro mampu menampilkan tampilan antarmuka dan menu-menu yang ada di dalam smartphone bergeser dengan sangat mulus.

Alhasil, pengalaman saat membuka aplikasi, membaca artikel di browser dan menggulir lini masa di media sosial menjadi lebih memuaskan.

Namun, opsi refresh rate tertinggi 120 Hz dapat menguras konsumsi daya baterai dengan lebih cepat dan menjadi lekas panas.

Sedangkan mode Smart Switch dapat menyesuaikan nilai refresh rate smartphone sesuai dengan skenario yang berbeda dan mengurangi konsumsi energi.

Mode Smart Switch juga dapat secara otomatis mengubah konfigurasi refresh rate layar menjadi 60 Hz pada aplikasi dan game tertentu yang tidak kompatibel dengan refresh rate 120 Hz.

Baca juga: Apa Itu Touch Sampling Rate pada Smartphone, Bedanya dengan Refresh Rate?

Pada bagian sisi tengah atas layar ponsel terdapat sebuah lubang speaker dan punch hole sebagai rumah kamera selfie 32 MP.

Luasnya layar yang dimiliki Vivo X80 Pro turut memengaruhi keseluruhan dimensi smartphone yang memiliki panjang 164,5 mm, lebar 75 mm dan ketebalan 9,1 mm.

Bodi bongsor Vivo X80 Pro menyebabkan smartphone ini agak sulit untuk ditaruh di kantung saku celana. Tiap kali dikantongi, terdapat sedikit bagian dari ujung bodinya yang menyembul.

Bobot yang dimiliki smartphone ini mencapai 219 gram sehingga tergolong lebih berat daripada smartphone pada umumnya. Karena ukuran dan beratnya, agak repot mengoperasikan ponsel dengan satu tangan.

Modul kamera besar

Bagian belakang Vivo X80 Pro turut dilapis cangkang dengan material Fluorite AG Glass yang terasa lembut ketika digenggam.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Bagian belakang Vivo X80 Pro turut dilapis cangkang dengan material Fluorite AG Glass yang terasa lembut ketika digenggam.

Beranjak ke bagian belakang, sisi punggung Vivo X80 Pro dirancang dengan material Fluorite AG Glass yang terasa lembut di sentuhan ketika digenggam.

Dengan material tersebut, bodi belakang Vivo X80 Pro seakan-akan kebal akan berkas sidik jari, karena tidak memungkinkan noda tertinggal.

Meski demikian, Vivo X80 Pro terasa licin ketika dipegang. Untuk mengatasi hal tersebut, pengguna Vivo X80 Pro juga dapat memasangkan hard-case yang tertera pada kotak kemasan smartphone.

Baca juga: Masuk Indonesia, Vivo X80 dan X80 Pro Andalkan Kamera Zeiss dan Chip Baru

Tampil mendominasi sisi punggung smartphone, terdapat sebuah modul kamera tempat memuat empat buah kamera yang disusun secara simetris.

Konfigurasi kamera Vivo X80 Pro terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.57), kamera ultra-wide 48 MP (sensor kamera IMX598 (f/2.2), kamera telefoto 12 MP Zeiss Gimbal Portrait Camera (f/1.85), serta kamera periskop 8 MP (5x optical zoom).

Kamera belakang Vivo X80 Pro menggunakan lensa buatan Zeiss.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama. Kamera belakang Vivo X80 Pro menggunakan lensa buatan Zeiss.

Kemudian di sisi samping kanan terdapat tombol volume up dan down, berikut sebuah tombol Power.

Sisi kiri smartphone tampak kosong lantaran tidak dihuni oleh apa pun, begitu pula sisi atasnya. Hanya saja, sisi ini disertai dengan tagline "Professional Photo".

Baca juga: HP Murah Vivo Y02s Muncul di Situs Resmi, Ini Spesifikasinya

Berbeda dari ketiga sisi lainnya, di bagian bawah Vivo X80 Pro tampak penuh karena dijejali oleh laci SIM, port USB Type-C, serta lubang microphone dan speaker.

Vivo X80 Pro sejatinya dibekali dengan dua lubang speaker (Dual-Speaker). Satu lubang speaker lainnya dapat dijumpai di bagian tepi atas layar.

Namun di antara keduanya, lubang speaker yang terletak di sisi bawah smartphone mampu menghasilkan suara yang lebih lantang.

Spesifikasi Vivo X80 Pro di Indonesia

Vivo X80 Pro mengedepankan aspek hardware-nya karena sudah dibekali dua jenis chip yang berbeda yakni Snapdragon 8 Gen 1 dan Vivo V1+.

Dengan memboyong chip Vivo V1+ secara perdana, Vivo X80 Pro diklaim mampu meningkatkan kerja imaging system.

Perpaduan kedua chip ini juga dapat mendongkrak kinerja CPU hingga 10 persen, dibandingkan seri sebelumnya.

Konfigurasi RAM 12 GB yang didukung fitur Extended RAM hingga 4 GB turut dipadu dengan storage mencapai 256 GB.

Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan tabel spesifikasi Vivo X80 Pro di Indonesia.

Spesifikasi Vivo X80 Pro
Dimensi dan bobot 164,57 x 75 x 9,1 mm, 219 gram
Layar AMOLED Display 6,78 inci, WQHD Plus, refresh rate 120 Hz
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 + Vivo V1 Plus
CPU dan GPU CPU: Mediatek Helio G88 Octa-core (2x Cortex-A75 2.0 GHz & 6x Cortex-A55 1.8 GHz)
GPU: Mali-G52 MC2
RAM dan memori
penyimpanan
12 GB/256 GB
SIM dan microSD Dual SIM (Nano, dual stand-by)
Kamera depan 32 MP
Kamera belakang Kamera utama 50 MP (f/1.57)
Kamera ultra-wide 48 MP (sensor kamera IMX598 (f/2.2)
Kamera telefoto 12 MP Zeiss Gimbal Portrait Camera (f/1.85)
Kamera periskop 8 MP (5x optical zoom)
Sistem operasi Android 12, FunTouch OS 12
Baterai 4.700 mAh, fast charging 80 Watt
Fitur lainnya 5G, Under display fingerprint scanner, Wi-Fi 6, Bluetooth 5.2, USB Type-C, GPS, NFC
Warna Cosmic Black
Harga Rp 15.999.000
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.