Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Menghilangkan Postingan Instagram yang Disarankan

Kompas.com - 02/08/2022, 13:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Beebom

KOMPAS.com - Instagram belum lama ini menguji coba tampilan baru yang membuatnya menjadi mirip TikTok karena mengutamakan video vertikal alih-alih foto. Selain itu, Instagram juga merekomendasikan konten dari akun yang tidak diikuti oleh pengguna, dengan tujuan agar konten tersebut tersebar lebih luas.

Sayangnya praktik tersebut dikeluhkan pengguna karena merasa tidak nyaman dengan perubahan Instagram.

Akhirnya, Instagram menyetop uji coba perubahan feed aplikasi dan mengurangi konten rekomendasi. Namun, menurut Kepala Instagram, Adam Mosseri, keputusan ini bersifat sementara. Jadi, ada kemungkinan feed Instagram berubah lagi di waktu mendatang.

Baca juga: Diprotes Makin Mirip TikTok, Instagram Melunak

Adapun untuk konten rekomendasi, hanya akan dikurangi jumlahnya. Jadi, bukan berarti pengguna tidak akan lagi menemukan rekomendasi konten di Instagram, meskipun dari akun yang tidak diikuti.

Bila merasa tidak nyaman dengan konten tersebut, Anda bisa menutup postingan itu atau menyetop postingan yang disarankan Instagram hingga satu bulan ke depan. Berikut caranya.

Cara menghilangkan postingan yang disarankan di Instagram

  • Ketika Anda menemukan postingan yang disarankan pada feed Instagram, klik tiga titik ikon yang tersedia pada sudut kanan atas postingan.

Cara menghilangkan postingan yang disarankan di InstagramKompas.com/Lely Maulida Cara menghilangkan postingan yang disarankan di Instagram

  • Klik opsi "Tidak tertarik/ Not interested" pada menu pop up
  • Selanjutnya, Instagram akan menyamarkan dan menghilangkan postingan terkait, kemudian menampilkan beberapa opsi termasuk opsi untuk tak lagi menerima postingan dari akun yang sama
  • Pilih opsi untuk menyetop semua postingan yang disarankan hingga 30 hari
  • Jika Anda ingin membatalkannya, Anda bisa memilih opsi "Undo" pada menu yang sama. Dengan begitu, postingan yang disarankan tadi akan tampil lagi. Namun Anda tidak dapat memilih opsi ini jika pilihan opsi sudah ditutup.

Secara umum, sebenarnya pengguna tidak bisa menonaktifkan postingan yang disarankan sepenuhnya, melainkan hanya menudanya hingga satu bulan. Artinya, postingan yang disarankan akan muncul lagi setelah periode tersebut habis.

Baca juga: Bos Instagram Jawab Kritik Pedas Warganet soal IG yang Makin Mirip TikTok

Cara lainnya jika Anda ingin terbebas dari postingan yang disarankan Instagram, Anda bisa mengatur agar feed Instagram Anda hanya menampilkan postingan dari akun yang Anda ikuti.

Caranya, klik logo Instagram pada tampilan utama aplikasi, kemudian pilih "Following", sehingga Anda hanya akan melihat postingan dari pengguna lain yang Anda ikuti saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Beebom
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com