Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Spesifikasi Oppo Reno8 Z 5G Muncul di Geekbench, Punya RAM 8 GB?

Kompas.com - 02/08/2022, 16:03 WIB

KOMPAS.com - Oppo dikabarkan tengah bersiap melengkapi lini seri Reno8 dengan Reno8 Z 5G. Reno8 series sendiri sudah dirilis perusahaan di China dan India, terdiri dari Reno8, Reno8 Pro dan Reno8 Pro+. Reno8 Z nantinya akan menjadi anggota keempat dari seri Reno8 tersebut.

Indikasi peluncuran Reno8 Z ditunjukkan oleh beberapa bocoran yang beredar di internet. Bocoran terbaru berasal dari database situs benchmark, Geekbench, yang menampilkan skor serta beberapa bocoran spesifikasi Oppo Reno8 Z.

Bocoran spesifikasi Oppo Reno8 Z 5G

Ponsel Oppo itu memiliki kode nama CPH2457. Menurut database Geekbench, Oppo Reno8 Z akan ditenagai oleh chipset Snapdragon octa-core dengan clockspeed 2.21 GHz. Situs MySmartPrice menyebut chip itu akan dipasangkan dengan GPU Adreno 619.

Baca juga: Desain Oppo Reno8 Beredar, Mirip OnePlus 10 Pro?

Spesifikasi chip tersebut sama seperti Snapdragon 695 5G yang menopang performa Oppo Reno7 Z 5G. Jadi, ada kemungkinan Reno8 Z menggunakan chipset yang sama seperti pendahulunya.

Spesifikasi lainnya yang terungkap dari Geekbench yaitu RAM yang tersemat pada Reno8 Z, sebesar 8 GB. Namun, ada kemungkinan ponsel ini hadir dengan beberapa opsi RAM dan memori.

Oppo Reno8 Z akan menjalankan sistem operasi Android 12 dan dilapisi antarmuka ColorOS 12. Adapun skor hasil pengujian benchmark Oppo Reno8 Z yaitu 678 poin untuk single-core dan 1.920 poin untuk pengujian multi-core.

Baca juga: Oppo Reno 8 dan Reno 8 Pro Meluncur Global, Ini Harganya

Skor Geekbench Oppo Reno 8 Z 5GGeekbench Skor Geekbench Oppo Reno 8 Z 5G

Bocoran spesifikasi Oppo Reno8 Z lainnya belum tampak di Geekbench. Namun, berdasarkan rumor yang beredar sebelumnya, Oppo Reno8 Z akan dilengkapi dengan tiga kamera belakang, meskipun konfigurasinya belum terungkap.

Sektor dayanya ditopang baterai berkapasitas 4.500 mAh dan kabarnya mendukung fast charging 33 watt. Fitur lainnya yang dikabarkan akan melengkapi Oppo Reno8 Z antara lain colokan audio 3,5 mm, port USB tipe-C, serta speaker pada bodi bawah ponsel.

Baca juga: Oppo Reno 8 5G Segera Meluncur di Indonesia, Ini Bocoran Spesifikasinya

Segera rilis di Indonesia?

Oppo Reno8 Z juga sudah muncul pada laman sertifikasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Kemenperin, dengan kode nomor CPH2457. Ponsel ini lolos uji TKDN per 8 Juni 2022 dengan sertifikat bernomor 2038/SJ-IND.8/TKDN/6/2022.

Sayangnya tidak bayak spesifikasi yang diterangkan pada situs tersebut. Yang jelas, Oppo Reno8 Z memiliki nilai TKDN sebesar 35,50 persen.

Baca juga: Oppo Reno 8 Z 5G dan Satu Ponsel Misterius Oppo Segera Masuk Indonesia?

Tak hanya di situs TKDN, Oppo Reno8 Z dengan kode nomor CPH2457 juga sudah muncul di laman sertifikasi Postel Kemenkominfo. Dengan begitu, Oppo Reno8 Z bisa dipastikan segera dirilis di Indonesia mengingat beberapa perangkat elektronik termasuk ponsel yang dijual di Tanah Air harus lolos TKDN maupun Postel sebelum diedarkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.