Cerita Pengguna PayPal Susah Tarik Gaji Saat PayPal Diblokir Akhir Bulan

Kompas.com - Diperbarui 03/08/2022, 12:58 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sempat memblokir PayPal pada Sabtu (30/7/2022) lantaran belum terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat. Selang beberapa hari, Kominfo membuka blokir PayPal sementara selama lima hari kerja, terhitung dari 1-5 Agustus 2022.

Selama blokir sementara dibuka, Kominfo mengimbau agar pengguna bisa memindahkan transaksinya di PayPal, sebelum akhirnya kembali diblokir apabila belum juga mendaftarkan diri sebagai PSE Lingkup Privat.

Meskipun sudah dibuka sementara, namun pemblokiran PayPal cukup membuat penggunanya di Indonesia kelimpungan.

Baca juga: PayPal Kena Blokir Kominfo Juga, padahal Sudah Terdaftar PSE

Salah satu pengguna yang kena imbas pemblokiran ini adalah seorang video editor penuh waktu (full time) bernama Iim (nama samaran). Iim yang saat ini berdomilisi di Lampung, bekerja di salah satu agensi di Singapura.

Dia bercerita, saat PayPal diblokir tanggal 30 Juli lalu, dia sempat menarik gaji pertamanya di laman Paypal. Saat itu, transaksi sempat berlangsung dengan lancar. Namun, saat penarikan kedua, mendadak laman tersebut eror dan tidak bisa diakses sama sekali.

Dia pun gelisah dan panik karena muncul tulisan yang menyebut bahwa laman PayPal tidak terkoneksi dengan internet. Walhasil, penarikan uang yang dilakukan pun gagal dan uang Iim “nyangkut” di PayPal.

Baca juga: Media Asing Soroti Pemblokiran Steam, Paypal, dkk oleh Kominfo di Indonesia

“Pas diblokir kemarin, satu jam sebelum diblokir saya tarik (uang), uangnya sudah sampai. Nah, (saat PayPal) diblokir, saya tarik (untuk yang) kedua kali, gaji kedua. Panik saya, kenapa enggak bisa, internet enggak bisa, panik saya,” jelas Iim kepada KompasTekno (2/8/2022).

Saat itu, uang yang tersangkut sekitar 2.000 dollar AS atau setara dengan Rp 29,7 juta (mengikuti kurs hari ini).

Rasa panik tersebut semakin bertambah karena Iim harus membayar sejumlah tagihan di keesokan harinya. Sementara uang tunai yang saat itu dipegangnya, belum cukup untuk kebutuhannya.

“Mana besok harus bayar tagihan dan lain-lain. Itu duitnya (tunai) kurang posisinya,” imbuh Iim.

Baca juga: Cara Menarik Dana PayPal ke Rekening Bank

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.