Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Bikin Controller Buat Main Game PS5 di iPhone

Kompas.com - 03/08/2022, 07:00 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sony menggandeng vendor pembuat controller asal Amerika Serikat (AS), yaitu Backbone, untuk merilis controller anyar bernama Backbone One PlayStation Edition.

Controller atau gamepad ini dibuat untuk gamer yang gemar main game di iPhone. Controller ini juga bisa digunakan untuk memainkan game PS4 atau PS5 melalui aplikasi PS Remote Play yang bisa diunduh di toko aplikasi Apple App Store.

Backbone One PlayStation Edition sebenarnya serupa dengan Backbone One yang dirilis pada Oktober 2020 lalu.

Bedanya, Backbone One PlayStation Edition kini dibekali dengan tombol-tombol khas milik PlayStation seperti tombol "Segitiga", "Persegi" atau "Kotak", "X", dan "O".

Di Backbone One versi lama, tombol-tombol tersebut lebih mirip controller buatan Microsoft Xbox, yaitu berupa "X", "Y", "A", dan "B".

Baca juga: Sony Umumkan Program PlayStation Stars, Pemain Bisa Kumpulkan Poin untuk Ditukar Hadiah

Dengan hadirnya tombol khas PlayStation ini, maka Backbone One PlayStation Edition disebut-sebut merupakan controller iPhone pertama yang berlisensi resmi PlayStation.

Selain tombol, desain Backbone One PlayStation Edition juga identik dengan controller PS5 yang dijuluki dengan DualSense. Pasalnya, controller untuk ponsel tersebut mengusung perpaduan warna putih dan hitam khas PS5.

"Dari warna, material, pemolesan, hingga tombol yang dibuat transparan diadopsi dari desain contoller PS5 DualSense," ujar CEO Backbone, Maneet Khaira, dikutip KompasTekno dari BlogPlayStation, Rabu (3/8/2022).

Backbone One PlayStation Edition.Backbone Backbone One PlayStation Edition.
Meski tombol dan desainnya mirip dengan DualSense PS5, tata letak alias layout tombol controller ini masih sama dengan Backbone One edisi pertama, yang bisa dibilang mirip dengan controller keluaran Xbox.

Untuk posisi analog kiri diletakkan di bagian atas, sementara tombol d-pad "arah" diletakkan di bagian bawah. 

Kemudian posisi analog kanan diletakkan di bagian bawah, sedangkan tombol "Segitiga", "Persegi" atau "Kotak", "X", dan "O" diletakkan di bagian atas.

Mendukung berbagai game App Store dan PlayStation

Menurut Maneet, tombol di controller ini bisa diatur lebih lanjut melalui aplikasi Backbone. Jika sudah terpasang di iPhone, aplikasi tersebut bisa diakses dengan mudah dengan cara menekan tombol Backbone yang tersedia di controller tadi. 

Baca juga: Harga PS5 Terkini di Indonesia Makin Murah, Sudah Menuju Normal?

Nantinya, Backbone One PlayStation Edition ini bisa digunakan untuk bermain aneka game di iPhone yang mendukung controller. Di antaranya seperti Genshin Impact, Fantasian, Call of Duty Mobile, dan masih banyak lagi.

Di samping itu, controller ini juga bisa digunakan untuk memainkan game PS4 atau PS5 melalui aplikasi PS Remote Play yang bisa diunduh di toko aplikasi iOS App Store.

Seperti diketahui, PS Remote Play memungkinkan pengguna memainkan game yang terpasang di PS4 atau PS5 mereka melalui satu jaringan WiFi atau internet yang sama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com