Kompas.com - 03/08/2022, 07:00 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Sony menggandeng vendor pembuat controller asal Amerika Serikat (AS), yaitu Backbone, untuk merilis controller anyar bernama Backbone One PlayStation Edition.

Controller atau gamepad ini dibuat untuk gamer yang gemar main game di iPhone. Controller ini juga bisa digunakan untuk memainkan game PS4 atau PS5 melalui aplikasi PS Remote Play yang bisa diunduh di toko aplikasi Apple App Store.

Backbone One PlayStation Edition sebenarnya serupa dengan Backbone One yang dirilis pada Oktober 2020 lalu.

Bedanya, Backbone One PlayStation Edition kini dibekali dengan tombol-tombol khas milik PlayStation seperti tombol "Segitiga", "Persegi" atau "Kotak", "X", dan "O".

Di Backbone One versi lama, tombol-tombol tersebut lebih mirip controller buatan Microsoft Xbox, yaitu berupa "X", "Y", "A", dan "B".

Baca juga: Sony Umumkan Program PlayStation Stars, Pemain Bisa Kumpulkan Poin untuk Ditukar Hadiah

Dengan hadirnya tombol khas PlayStation ini, maka Backbone One PlayStation Edition disebut-sebut merupakan controller iPhone pertama yang berlisensi resmi PlayStation.

Selain tombol, desain Backbone One PlayStation Edition juga identik dengan controller PS5 yang dijuluki dengan DualSense. Pasalnya, controller untuk ponsel tersebut mengusung perpaduan warna putih dan hitam khas PS5.

"Dari warna, material, pemolesan, hingga tombol yang dibuat transparan diadopsi dari desain contoller PS5 DualSense," ujar CEO Backbone, Maneet Khaira, dikutip KompasTekno dari BlogPlayStation, Rabu (3/8/2022).

Backbone One PlayStation Edition.Backbone Backbone One PlayStation Edition.
Meski tombol dan desainnya mirip dengan DualSense PS5, tata letak alias layout tombol controller ini masih sama dengan Backbone One edisi pertama, yang bisa dibilang mirip dengan controller keluaran Xbox.

Untuk posisi analog kiri diletakkan di bagian atas, sementara tombol d-pad "arah" diletakkan di bagian bawah. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.