Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewati Indonesia, Penerbangan SPAR19 Cetak Rekor di Flightradar 24

Kompas.com - 03/08/2022, 14:33 WIB
Reska K. Nistanto

Editor

KOMPAS.com - Sebuah penerbangan dari Kuala Lumpur ke Taiwan, yang melintasi wilayah udara Indonesia pada Selasa (2/8/2022) malam, memecahkan rekor sebagai penerbangan yang paling banyak dilacak di aplikasi Flightradar24 (FR24).

Penerbangan dengan pesawat Boeing 737 milik pemerintah Amerika Serikat itu, ditumpangi oleh Ketua DPR Amerika Serikat, Nancy Pelosi. Ini menjadi kunjungan pertama oleh seorang pejabat tinggi Amerika Serikat ke Taiwan sejak 1997.

Penerbangan Nancy Pelosi dengan nama callsign SPAR19, tinggal landas dari Kuala Lumpur pukul 15:42 waktu setempat, dan terpantau melewati selat Malaka, wilayah udara Kalimantan, ke timur menuju ujung utara Pulau Sulawesi, kemudian berbelok ke utara menuju Taiwan.

Baca juga: Melihat Sepinya Langit Indonesia dari Situs Flightradar

Flightradar 24 mengeklaim pengguna yang melacak penerbangan SPAR19 mencapai 708.000 orang secara bersamaan. Pada saat penerbangan mendarat di Taipei, hampir 3 juta orang telah melacak penerbangan di beberapa titik selama tujuh jam dari Kuala Lumpur ke Taipei.

Saking banyaknya pengguna Flightradar 24 yang membuka aplikasi dan melacak penerbangan itu, membuat layanan sempat tersendat. Termasuk pengguna di Indonesia yang mengaku tidak bisa login atau membuka aplikasi, padahal sudah berlangganan Premium Gold.

"Pagi ini, saya membuka aplikasi Flightradar 24, dan meskipun saya pelanggan Gold, saya tidak dapat melacak penerbangan apa pun. Peta akan dimuat di aplikasi, tetapi tidak ada pesawat yang muncul," aku salah seorang pengguna, dikutip KompasTekno dari Simple Flying, Rabu (3/8/2022).

Baca juga: Cara Melacak Penerbangan Pesawat secara Online di HP via FlightRadar24

Pengguna aplikasi gratis mengalami masalah yang berbeda. Mereka yang tidak berlangganan berbayar ditempatkan di ruang tunggu, dan waktu tunggu melebihi 2.000 menit.

SPAR19 disebut sebagai penerbangan penting dalam sejarah dunia, karena menandai kunjungan tingkat tertinggi Amerika Serikat ke Taiwan dalam 25 tahun.

Ketegangan antara AS dan China selama beberapa waktu terkait rencana kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat.

Sepanjang penerbangan SPAR 19, ada desas-desus bahwa militer China telah mengirim jet tempur yang terbang di atas Selat Taiwan. Sepanjang hari juga dilaporkan ada sejumlah besar gerakan militer China di kota-kota menghadap Taiwan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com