Oppo Reno 8 5G dan Reno 8 5G Pro Siap Masuk Indonesia, Apa Keunggulannya?

Kompas.com - 03/08/2022, 17:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Oppo memamerkan dua ponsel terbarunya yang akan segera masuk Indonesia, yakni Reno8 5G "reguler" dan Reno8 5G Pro, di Jakarta, Rabu (3/8/2022). Dalam kesempatan tersebut, Oppo membeberkan sejumlah fitur unggulan yang hadir di kedua ponsel itu.

Kedua ponsel ini dibekali sejumlah peningkatan dari pendahulunya, khususnya di sektor kamera dan desain.

Dalam acara bertajuk “Oppo Reno8 1st Impression Event”, Aryo Meidianto selaku PR Manager Oppo Indonesia, memaparkan bahwa Reno series ini memang berfokus pada keunggulan kamera dan desainnya.

Dari sektor fotografi, Reno8 5G Pro lebih unggul dari versi regulernya. Sebab, ponsel ini dibekali chip Neural Processing Unit (NPU) buatan Oppo sendiri bernama MariSilicon X.

Baca juga: 5 Hal Menarik tentang MariSilicon X, NPU Canggih di Oppo Reno8 Pro 5G

“MariSilicon X, Imaging NPU, chipset yang merupakan inovasi terbesar Oppo pada tahun ini, di mana kami (Oppo) menciptakan sebuah NPU pencitraan khusus, yang memang semuanya dibuat oleh Oppo, kami namakan MariSilicon X,” jelas Aryo.

MariSilicon yang dibuat dengan fabrikasi 6 nm ini dipercaya akan meningkatkan hasil foto ataupun video dari Oppo Reno 8 5G Pro. Terutama saat perangkat digunakan pada malam hari dalam kondisi minim cahaya.

Dengan MariSilicon X, ponsel dapat mengurangi bintik foto (noise) pada gambar ataupun video yang diambil oleh pengguna. Menurut Aryo, ini juga berkat adanya Artificial Intelligence (AI) Noise Reduction yang diklaim mampu meningkatkan kinerja prosesor dalam mengurangi bintik foto.

Chip MariSilicon X ini merupakan "warisan" dari ponsel flagship Oppo Find X5 Pro. Menurut Aryo, nantinya, NPU tersebut bakal dikombinasikan dengan Image Signal Processor (ISP) dan arsitektur multi-tier memory dalam satu chipset.

Oppo memamerkan tampang ponsel terbarunya yang akan segera dirilis resmi di Indonesia, yakni Oppo Reno8 5G Pro. KOMPAS.com/Caroline Saskia Oppo memamerkan tampang ponsel terbarunya yang akan segera dirilis resmi di Indonesia, yakni Oppo Reno8 5G Pro.

 

Kombinasi keduanya memungkinkan MariSilicon X melakukan pemrosesan hingga 18 triliun operasi per detik (TOPS) yang disertai efisiensi daya mencapai 11,6 TOPS per watt.

Untuk mempermudah gambaran, penggunaan MariSilicon X dapat menghasilkan kinerja perangkat yang cepat, tanpa harus menguras daya baterai yang besar.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Oppo Reno8 Z 5G Muncul di Geekbench, Punya RAM 8 GB?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.