Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Game Origin Sudah Bisa Diakses, Epic Games Masih Diblokir Kominfo

Kompas.com - 04/08/2022, 09:10 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Kominfo

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akhirnya menormalisasi atau membuka blokir platform "Origin" milik perusahaan Electronic Arts (EA) mulai Rabu (3/8/2022).

Kabar tersebut diumumkan langsung oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan dalam sebuah keterangan tertulis di laman resmi Kominfo.

"PSE Electronic Arts telah mendaftarkan Sistem Elektronik Origin.com. Normalisasi akses Origin.com telah dilakukan sejak pukul 14.00 WIB pada hari Rabu, 3 Agustus 2022," tulis Semuel.

Baca juga: Steam, Epic Games, Counter Strike, Dota, dan Origin Sudah Diblokir Kominfo Hari Ini

Pantauan KompasTekno, nama sistem "Origin" dengan alamat situs origin.com memang sudah muncul dan terdaftar di laman pse.kominfo.go.id per Rabu (3/8/2022) pukul 21.45 WIB.

Origin didaftarkan oleh perusahaan EA Swiss Sarl dan masuk dalam sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Berdasarkan pantauan, situs origin.com mulai bisa diakses kembali seperti biasa, baik melalui jaringan internet seluler maupun WiFi (fixed broadband). 

Baca juga: Kominfo Blokir Domino Qiu Qiu dan Belasan Situs-Aplikasi Judi Online

Sehingga, gamer di Tanah Air bisa kembali mengunduh, membeli, dan memainkan semua game yang ada di Origin EA, seperti The Sims 4, FIFA 22, It Take Two, dan Star Wars Jedi: Fallen Order.

Namun, pencabutan blokir ini tampaknya juga masih belum merata. Pasalnya, tim KompasTekno masih ada belum bisa membuka URL origin.com dengan internet dari operator seluler by.U dan WiFi Oxygen.id.

Tinggal Epic Games yang masih diblokir

Sebelumnya, Origin diblokir Kominfo sejak 30 Juli 2022, bersama dengan platform game dan distribusi game Epic Games, Steam, Dota, dan Counter Strike.

Kelima platform game dan distribusi game itu diblokir karena belum melakukan pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat, sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020.

Baca juga: Epic Games, Origin, dan Yahoo Tetap Diblokir, Belum Ada Tanda Mau Daftar PSE

Nah, dari kelimanya, empat platform sudah mendaftarkan PSE Lingkup Privat ke Kominfo, yaitu Steam, Dota, Counter Strike, dan paling baru Origin.

Blokir pada platform Steam, Dota, dan Counter Strike lebih dulu dicabut pada Selasa 2 Agustus. Selang satu hari, tepatnya Rabu 3 Agustus, blokir Origin juga ikut dicabut.

Berbeda nasib dengan Steam, Counter Strike, Dota, Origin, platform distibusi game Epic Games sendiri masih diblokir hingga saat ini, karena belum mendaftarkan diri.

Baca juga: Kominfo Buka Blokir Steam, Counter Strike, Dota, dan Yahoo Hari Ini

Diberitakan sebelumnya, hingga Senin (1/8/2022) malam, Dirjen Aptika Kominfo Semuel mengatakan bahwa pihaknya belum berhasil mengontak Epic Games terkait kewajiban pendaftaran PSE Lingkup Privat ini.

Dengan begitu, tampaknya pemutusan akses terhadap layanan Epic Games di Indonesia masih bakal terus berlanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kominfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com