Apa itu DNS? Mengenal Fungsi dan Cara Kerjanya

Kompas.com - 04/08/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com- Supaya bisa mengakses situs web di Internet, sejatinya tak semudah yang dibayangkan. Terdapat beberapa infrastruktur yang dibutuhkan untuk memudahkan Anda bisa mengakses internet. Salah satunya seperti DNS atau Domain Name System.

Bila tak ada DNS, Anda mungkin bakal mengalami kesulitan untuk mengakses situs-situs yang biasa dikunjungi di internet, misal Google.com. Mengingat pentingnya salah satu keberadaan infrastruktur internet tersebut, lantas apa yang dimaksud dengan DNS?

Baca juga: Apa Itu Domain? Mengenal Fungsi serta Jenisnya

Untuk itu, jika ingin memahami lebih lanjut, berikut KompasTekno rangkumkan penjelasan seputar apa itu DNS, fungsi, dan cara kerjanya.

Apa itu DNS?

Sebelum memahami apa itu DNS, ada baiknya untuk mengetahui dulu gambaran internet bekerja. Internet sendiri merupakan jaringan komputer raksasa antar wilayah secara global, yang bisa saling terhubung lewat saluran kabel, satelit, maupun seluler.

Komunikasi antar komputer di Internet, dari klien ke server dan sebaliknya, dapat terjadi lantaran keduanya memiliki alamat IP (Internet Protocol). Alamat IP terdiri dari kombinasi angka, yang berfungsi sebagai identitas suatu komputer di internet.

Dengan alamat IP, satu komputer bisa mengenali dan berkomunikasi dengan komputer lainnya. Sehingga, data yang ada di komputer server bisa terbuka pada browser di layar komputer klien.

Adapun contoh bentuk alamat IP adalah seperti 192.168.1.1, 104.26.10.228, dan sebagainya. Dulu, pengguna perlu mengetik deretan kombinasi angka alamat IP milik situs web di browser supaya bisa diakses.

Namun, pengguna kini hanya butuh mengetik nama domain (misal: Google.com, Kompas.com, dan lainnya) dari situs web untuk bisa mengaksesnya di browser, alih-alih memasukkan deretan kombinasi angka alamat IP yang lebih sulit dihafalkan.

Kemudahan mengakses situs web tersebut dimungkinkan lantaran terdapat DNS. Secara sederhana, DNS adalah sistem yang mampu menerjemahkan nama domain ke alamat IP milik sebuah situs web. Dengan kemampuan itu, lalu apa fungsi DNS?

Baca juga: 6 Macam Perangkat Keras untuk Mengakses Internet di Komputer

Fungsi DNS

Dikutip dari Cloudflare, fungsi DNS bisa dianalogikan seperti buku telepon yang berisi kumpulan informasi kontak. Di DNS, informasi kontak tersebut tersimpan di sebuah server dalam bentuk alamat IP dari berbagai situs web.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.