Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-jenis Perangkat Pemrosesan Data di Komputer

Kompas.com - 04/08/2022, 19:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Dalam perangkat komputer terdapat bagian penting untuk memproses data. Bagian ini kerapkali disebut dengan CPU (Central Processing Unit) atau Unit Pengolah Pusat. CPU merupakan otak dari komputer yang mengatur dan memproses rangkain kegiatan komputer.

Bagian ini termasuk dari perangkat pemrosesan data (processing device) di komputer. CPU memiliki tiga komponen utama dalam memproses data. Beberapa komponen tersebut adalah unit kendali (control unit/CU), unit aritmatika dan logika, dan register.

  • Unit kendali: mengatur dan mengendalikan peralatan yang ada pada sistem komputer serta mengatur kapan alat input menerima data dan diolah dan ditampilkan
  • Unit aritmatika dan logika: berfungsi melakukan semua perhitungan aritmatika dan pembandingan
  • Register: berfungsi membantu melakukan hubungan (interface) dari dan ke memori

Kinerja CPU sendiri oleh memori utama yang merupakan komponen penyimpanan internal darisuatu komputer. Ada dua tipe memori utama yaitu Random Access Memory (RAM) dan Read Only Memory (ROM). Selengkapnya berikut ini beberapa perangkat pemrosesan data di komputer.

Baca juga: Mengenal Bermacam Jaringan Komputer Berdasarkan Area Kerja

Motherboard

Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.

Motherboard penting karena menentukan kapabilitas (kemampuan). Salah satu fungsi Motherboard adalah mengatur dan menentukan alat yang dipasang pada komputer.

Processor

Salah satu operator mesin prosesor cuci film Fotogra.film Lab sedang mempersiapkan roll film yang akan dimasukkan ke dalam mesin, Kamis (12/5/2022).Sabrina Mutiara Fitri/ Kompas.com Salah satu operator mesin prosesor cuci film Fotogra.film Lab sedang mempersiapkan roll film yang akan dimasukkan ke dalam mesin, Kamis (12/5/2022).

Prosesor berfungsi untuk memproses semua perhitungan yang harus dilakukan oleh komputer. Kekuatan prosesor diukur dari frekuensinya, seperti 550 MHz (Mega Hertz) sampai saat ini sudah ada yang mencapai sekitar 3 GHz (Giga Hertz). Beberapa prosesor yang cukup familiar adalah Intel,AMD dan IBM.

Baca juga: Inilah Frontier, Komputer Tercepat di Dunia dengan Prosesor AMD

Memory

ilustrasi Flashdisktechradar.com ilustrasi Flashdisk

Memory berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum atau sesudah diproses oleh prosesor. Memori juga disebut dengan RAM (Random Access Memory). Perangkat ini berguna untuk menyimpan data sementara saat digunakan oleh prosesor. Memori dibagi menjadi dua jenis yaitu internal dan eksternal memori.

  • Internal memori: memori yang terletak pada motherboard
  • Eksternal memori: memori yang tidak berhubungan langsung dengan motherboard. Contoh: hard disk, flash disk, CD, dan lainnya 

VGA (Video Graphics Array)

vgawikipedia vga

VGA card merupakan bagian dari komputer yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor. Tanpa VGA card, layar komputer tak akan bisa menampilkan apa pun.

Sound Card

sound cardonline tech tips sound card

Sound Card merupakan peralatan komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara. Sound card berfungsi untuk mengeluarkan suara. Dilihat dari cara pemasangannya,sound card dibagi menjadi tiga yaitu sound card onboard, sound card offboard, dan soundcard external.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com