Google Mulai Gabungkan Aplikasi Video Call Duo dan Meet

Kompas.com - 04/08/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Pada Juni lalu Google mengungkap rencana peleburan aplikasi video chatting Google Meet dan Duo. Peleburan tersebut dilakukan agar lebih efisien, mengingat fungsi dari kedua aplikasi tersebut sama saja. 

Kini, peleburan itu dimulai. Pantauan KompasTekno, ketika aplikasi Google Duo dibuka, maka akan muncul pengumuman terkait peleburan tersebut.

Saat membuka aplikasi Google Duo, pengguna akan melihat pemberitahuan berjudul “Duo is getting even better”.

Pengumuman tersebut mengatakan bahwa aplikasi Duo dalam perangkat diubah menjadi Meet dengan nama, ikon, dan fitur-fitur baru. Hal senada juga diumumkan Google melalui blog resminya.

“Google Duo telah di-upragde termasuk fitur-fitur rapat (yang ada di dalam aplikasi). Dalam beberapa minggu mendatang, nama aplikasi dan logo Google Duo akan diubah menjadi Google Meet,” tulis Google dalam blog resminya.

Artinya, fitur-fitur yang tersedia di Google Meet akan dipindahkan seluruhnya ke Duo. Nama aplikasi Google Duo juga akan diubah menjadi Google Meet.

Baca juga: Fitur Baru Google Meet Bisa Pantau Peserta Meeting yang Datang Terlambat

Meski dilebur, bukan berarti aplikasi lama Google Meet akan hilang. Google mengubah nama aplikasi Meet lama menjadi "Meet Original".

Proses penggabungan ini diperkirakan akan tuntas pada September 2022. Sehingga pada bulan tersebut, semua pengguna akan mendapati perubahan pada aplikasi Google Duo yang menjadi Meet.

Hasil tangkapan layar aplikasi Google Duo di perangkat Android. Gambar sebelah kiri adalah halaman utama Duo, sedangkan gambar sebelah kanan adalah fitur-fitur yang dimiliki Duo saat ini (Sumber: KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Hasil tangkapan layar aplikasi Google Duo di perangkat Android. Gambar sebelah kiri adalah halaman utama Duo, sedangkan gambar sebelah kanan adalah fitur-fitur yang dimiliki Duo saat ini (Sumber: KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)

Menurut pantauan KompasTekno, Kamis (4/8/2022) siang, pengguna sudah dapat menikmati fitur-fitur dari Google Meet di Google Duo. Seperti membuat grup, membuat rapat online, hingga membuat jadwal pertemuan rapat yang langsung terintegrasi dengan Google Calendar.

Dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Kamis (4/8/2022), fitur yang akan dibawa dari aplikasi Meet ke Google Duo antara lain, membuat jadwal rapat online, mengirim pesan selama berlangsungnya rapat, berbagi layar secara langsung, peningkatan jumlah peserta dari 32 orang menjadi 100 orang, terintegrasi langsung dengan Gmail, Google Calendar, Messages, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Akses Google Meet lewat Gmail di HP

Halaman:


Video Pilihan

Sumber TechCrunch
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.