Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Reno 8 Z 5G Meluncur Global, Harga Rp 5 Jutaan

Kompas.com - Diperbarui 08/08/2022, 09:43 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

KOMPAS.com - Oppo kembali menambah anggota baru dari lini Reno8 series, yakni Oppo Reno 8 Z 5G yang dirilis untuk pasar global. Ponsel tersebut telah resmi diluncurkan pada sebuah acara di Thailand, Kamis (4/8/2022).

Sebagai penerus dari Reno 7 Z 5G, spesifikasi Oppo Reno 8 Z 5G tidak membawa perubahan yang terlalu signifikan. Misalnya, masih memiliki konfigurasi chipset dan memori yang sama dengan pendahulunya.

Perbedaannya terletak pada desain punggung ponsel yang dirancang ulang, seperti mempunyai ukuran bilah dan modul kamera yang lebih besar sampai menyentuh bingkai belakang ponsel.

Baca juga: Oppo Reno 8 5G dan Reno 8 5G Pro Siap Masuk Indonesia, Apa Keunggulannya?

Dilansir KompasTekno dari GSMArena, Jumat (5/8/2022), desain yang diadopsi oleh Oppo Reno8 Z 5G tidak jauh berbeda dengan Reno 8 series lainnya. Dikarenakan smartphone tersebut masih satu bagian dari keluarag Reno 8 series.

Hanya saja, bahan yang digunakan Reno 8 Z series kali ini sedikit lebih tebal dan berat dibandingkan pendahulunya, Reno 7 Z.

Spesifikasi Reno8 Z 5G

Oppo Reno8 Z 5G memiliki layar berpanel OLED dengan bentang seluas 6,43 inci. Resolusi layar sudah mencapai Full HD Plus (1080 x 2400 piksel) disertai pemindari sidik jadi (fingerprint) di bawah layar sebagai sistem keamanan perangkat.

Dari segi tampilan, Oppo Reno 8 Z 5G mengadopsi layar berlubang (punch hole) yang diletakkan di atas kiri layar, alih-alih di tengah. Bingkai layar (bezel) yang dimiliki cukup tipis, tetapi bingkai di bawah layar sedikit lebih tebal dibanding yang lain.

Tampilan Oppo Reno8 Z 5G (Sumber: GS Marena)GS Marena Tampilan Oppo Reno8 Z 5G (Sumber: GS Marena)
Bodi yang dimiliki Reno 8 Z 5G didesain cukup ramping dan punya sudut bingkai yang membulat (rounded shape). Namun, spesifikasi tentang dimensi dan bobot smartphone masih belum diinformasikan lebih lanjut.

Kamera yang dimiliki perangkat ini terdiri dari tiga kamera, yaitu kamera utama 64MP, kamera makro 2 MP, kamera kedalaman 2 MP. Lalu, untuk kamera depan (selfie) 16 MP (f/2.4), sama seperti pendahulunya.

Baca juga: Oppo Reno 8 Z 5G dan Satu Ponsel Misterius Oppo Segera Masuk Indonesia?

Beralih ke sektor hardware, ponsel ini ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 695, dengan satu varian kombinasi RAM dan penyimpanan, yaitu 8/128 GB.

Sistem operasi yang dijalankan Oppo Reno 8 Z 5G adalah Andorid 12 yang dilapisi tampilan antarmuka ColorOS 12.1. Daya ponsel ini ditopang oleh baterai berkapasitas 4.500 mAh disertai fitur fast charging 33 watt.

Harga Oppo Reno 8 Z 5G

Varian warna yang dimiliki perangkat tersebut hanya satu saja, yakni Hitam. Sementara untuk harga, harga Oppo Reno 8 Z 5G di Thailand dijual 12.990 baht, setara dengan Rp 5,4 juta (mengikuti kurs hari ini).

Pre-order Oppo Reno 8 Z 5G sudah bisa dilakukan sejak kemarin, Kamis (4/8/2022) sampai minggu depan, tepatnya 14 Agustus 2022. Setelah sistem pre-order selesai, ponsel diyakini bakal dijual secara terbuka.

Belum ada konfirmasi dari Oppo soal kehadiran ponsel ini di Indonesia, namun Oppo Reno 8 Z 5G sendiri sudah terdaftar di situs Kemenperin dan mengantongi sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKN) P3DN.

Mengingat syarat penjualan ponsel di Tanah Air adalah lolos sertifikat TKDN, kemungkinan besar perangkat tersebut bakal segera hadir ke Indonesia dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber gsmarena
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com