Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanja di Tokopedia Kini Lebih Mahal Rp 1.000

Kompas.com - Diperbarui 06/08/2022, 08:53 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna marketplace Tokopedia kini harus mengeluarkan biaya ekstra untuk setiap pembelian barang di platform tersebut.

Pasalnya, Tokopedia kini memberlakukan "Biaya Layanan" sebesar Rp 1.000, untuk setiap transaksi pengguna dengan metode pembayaran instan.

Ada 11 metode pembayaran instan yang dikenai tambahan biaya layanan Rp 1.000, yakni sebagai berikut:

  1. KlikBCA
  2. BCA Klikpay
  3. BRImo
  4. CIMB Clicks
  5. Jenius Pay
  6. JakOne
  7. LinkAja
  8. Direct Debit BRI
  9. OneKlik
  10. Direct Debit Mandiri
  11. OCTO Cash by CIMB Niaga

Baca juga: Cara Menambahkan Alamat Baru di Tokopedia

Selain itu, ada juga "Biaya Jasa Aplikasi" senilai Rp 1.000 untuk setiap transaksi pada Situs/Aplikasi Tokopedia.

Tokopedia telah mengumumkan pemberlakukan Biaya Layanan dan Biaya Aplikasi ini, dan menjelaskan syarat serta ketentuannya dalam laman resmi Help Tokpedia.

Tentang biaya layanan

Tokopedia menjelaskan bahwa biaya layanan Rp 1.000 itu hanya berlaku untuk produk pembelian Barang. Biaya Layanan dikecualikan alias tidak diberlakukan pada transaksi terhadap pembelian Produk Keuangan, Produk Digital, TopAds, Zakat, dan Donasi.

Di laman itu, tidak ada aturan soal nominal pembayaran minimum yang dikenakan Biaya Layanan. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa setiap melakukan check out alias transaksi, pengguna bakal dikenakan tambahan biaya senilai Rp 1.000 sebagai Biaya Layanan.

Baca juga: Cara Mulai Berjualan di Tokopedia dan Membuka Toko Lewat HP-Laptop

Biaya layanan Rp 1.000 tidak berlaku bagi pengguna baru

Dalam postingan yang sama, Tokpedia menjelaskan bahwa pengguna Tokopedia yang baru tidak akan dikenakan Biaya Layanan selama 30 hari, sejak terdaftar sebagai pengguna situs/aplikasi untuk pertama kalinya.

Ilustrasi tambahan biaya layanan Rp 1.000 untuk setiap transaksi di Tokopedia.Ist Ilustrasi tambahan biaya layanan Rp 1.000 untuk setiap transaksi di Tokopedia.
Namun, benefit ini hanya berlaku untuk 3 transaksi pertama dengan menggunakan metode pembayaran instan dalam kurun waktu 30 hari tersebut.

Baca juga: Apa Itu Kupon Tokopedia dan Cara Menggunakannya

Dengan kata lain, transaksi keempat pengguna baru Tokopedia bakal tetap dikenai tambahan Biaya Layanan senilai Rp 1.000, apabila menggunakan metode pembayaran KlikBCA, BCA Klikpay, BRImo, CIMB Clicks, Jenius Pay, dkk.

Tokopedia juga merinci, apabila sebagian atau keseluruhan transaksi dibatalkan, maka dana yang dikembalikan ke Saldo Refund tidak termasuk Biaya Layanan.

Ketentuan biaya layanan untuk metode pembayaran lain di luar metode pembayaran instan, seperti sistem kartu kredit & cicilan dapat disimak selengkapnya melalui tautan berikut ini.

Baca juga: Cara Pengembalian Dana Tokopedia lewat Minimarket

Biaya layanan berbeda dengan biaya jasa aplikasi

Di samping biaya layanan, Tokopedia kini juga mulai mengenakkan "Biaya Jasa Aplikasi" senilai Rp 1.000 untuk setiap untuk setiap transaksi pada Situs/Aplikasi Tokopedia.

Tujuan biaya jasa aplikasi adalah untuk pemeliharaan sistem dan peningkatan layanan dalam bertransaksi melalui Situs Tokopedia.

"Biaya Layanan berbeda dan terpisah dari Biaya Jasa Aplikasi. Biaya Jasa Aplikasi dikenakan untuk semua metode pembayaran sesuai dengan Syarat dan ketentuan terkait Biaya Jasa Aplikasi yang dapat dilihat di sini," tulis Tokopedia di laman Help Tokopedia, sebagaimana dikutip KompasTekno, Jumat (5/8/2022).

Baca juga: Cara Menambah dan Menghapus Nomor Rekening Bank di Tokopedia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com