Belanja di Tokopedia Kini Lebih Mahal Rp 1.000

Kompas.com - Diperbarui 06/08/2022, 08:53 WIB

KOMPAS.com - Pengguna marketplace Tokopedia kini harus mengeluarkan biaya ekstra untuk setiap pembelian barang di platform tersebut.

Pasalnya, Tokopedia kini memberlakukan "Biaya Layanan" sebesar Rp 1.000, untuk setiap transaksi pengguna dengan metode pembayaran instan.

Ada 11 metode pembayaran instan yang dikenai tambahan biaya layanan Rp 1.000, yakni sebagai berikut:

  1. KlikBCA
  2. BCA Klikpay
  3. BRImo
  4. CIMB Clicks
  5. Jenius Pay
  6. JakOne
  7. LinkAja
  8. Direct Debit BRI
  9. OneKlik
  10. Direct Debit Mandiri
  11. OCTO Cash by CIMB Niaga

Baca juga: Cara Menambahkan Alamat Baru di Tokopedia

Selain itu, ada juga "Biaya Jasa Aplikasi" senilai Rp 1.000 untuk setiap transaksi pada Situs/Aplikasi Tokopedia.

Tokopedia telah mengumumkan pemberlakukan Biaya Layanan dan Biaya Aplikasi ini, dan menjelaskan syarat serta ketentuannya dalam laman resmi Help Tokpedia.

Tentang biaya layanan

Tokopedia menjelaskan bahwa biaya layanan Rp 1.000 itu hanya berlaku untuk produk pembelian Barang. Biaya Layanan dikecualikan alias tidak diberlakukan pada transaksi terhadap pembelian Produk Keuangan, Produk Digital, TopAds, Zakat, dan Donasi.

Di laman itu, tidak ada aturan soal nominal pembayaran minimum yang dikenakan Biaya Layanan. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa setiap melakukan check out alias transaksi, pengguna bakal dikenakan tambahan biaya senilai Rp 1.000 sebagai Biaya Layanan.

Baca juga: Cara Mulai Berjualan di Tokopedia dan Membuka Toko Lewat HP-Laptop

Biaya layanan Rp 1.000 tidak berlaku bagi pengguna baru

Dalam postingan yang sama, Tokpedia menjelaskan bahwa pengguna Tokopedia yang baru tidak akan dikenakan Biaya Layanan selama 30 hari, sejak terdaftar sebagai pengguna situs/aplikasi untuk pertama kalinya.

Ilustrasi tambahan biaya layanan Rp 1.000 untuk setiap transaksi di Tokopedia.Ist Ilustrasi tambahan biaya layanan Rp 1.000 untuk setiap transaksi di Tokopedia.
Namun, benefit ini hanya berlaku untuk 3 transaksi pertama dengan menggunakan metode pembayaran instan dalam kurun waktu 30 hari tersebut.

Baca juga: Apa Itu Kupon Tokopedia dan Cara Menggunakannya

Dengan kata lain, transaksi keempat pengguna baru Tokopedia bakal tetap dikenai tambahan Biaya Layanan senilai Rp 1.000, apabila menggunakan metode pembayaran KlikBCA, BCA Klikpay, BRImo, CIMB Clicks, Jenius Pay, dkk.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.