Kompas.com - 05/08/2022, 13:00 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Meta tidak memperpanjang kontrak dengan sejumlah organisasi berita ternama di Amerika Serikat (AS).

Dengan dihentikannya kontrak tersebut, perusahaan induk Facebook, Instagram dan WhatsApp ini tak lagi membayar organisasi media yang mempublikasi kontennya di Facebook News AS.

Awalnya, kabar ini bocor dari sumber anonim internal Meta dan dikutip oleh outlet media Axios.

Namun, juru bicara kemudian Meta mengonfirmasi kabar tersebut dan mengatakan perusahaannya tidak lagi berinvestasi untuk Facebook News. Alasannya adalah karena pengguna tidak mencari berita di Facebook.

"Banyak yang telah berubah sejak kami menandatangani kesepakatan tiga tahun lalu untuk menguji tautan berita tambahan ke Facebook News di AS," kata juru bicara Meta dikutip KompasTekno dari Gizmodo, Jumat (5/8/2022).

Baca juga: Meta Sudah Habiskan Rp 14 Triliun untuk Bangun Metaverse, Namun Belum Jelas

"Mayoritas pengguna tidak datang ke Facebook untuk mencari berita. Dari aspek bisnis, tidak masuk akal untuk investasi berlebih di bidang yang tidak sesuai dengan preferensi pengguna," imbuh juru bicara Meta.

Organisasi berita yang sebelumnya memiliki kontrak dengan Meta di antaranya The New York Times, The Washington Post, dan The Wall Street Journal. Meta menggelontorkan lebih dari 100 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,49 triliun untuk bermitra dengan organisasi tersebut.

Menurut laporan Gizmodo, The New York Times mendapat bayaran yang lebih mahal dibanding organisasi berita cetak/online lainnya, yaitu sebesar 20 juta dollar AS (Rp 298 miliar).

Sementara The Washington Post mendapat 15 juta dollar AS (Rp 223 miliar) dan The Wall Street Journal 10 juta dollar AS (Rp 149 miliar).

Menurut sumber internal Meta, perusahaannya juga membayar outlet media yang memproduksi berita dalam bentuk video senilai 90 juta dollar AS (Rp 1,34 triliun).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Gizmodo
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.